Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bawaslu Sebut KPU OI Wajib Jalankan Rekomendasi Pelanggaran Paslon Petahana

| November 22, 2020 WIB | 0 Views
Foto : Kompassriwijaya

HaiTekno.com - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memiliki tugas dan wewenang diantaranya menerima laporan dugaan pelanggaran, menyelesaikan temuan dan laporan pelanggaran, termasuk menyampaikannya kepada KPU untuk ditindaklanjuti.

Masih hangat terdengar di tengah masyarakat Kabupaten Ogan Ilir (OI) soal adanya Rekomendasi Bawaslu OI terkait dugaan pelanggaran pilkada dilakukan pasangan petahana Ilyas-Endang dengan memanfaatkan bantuan Covid-19 berupa bantuan beras dan sembako lainnya yang kemasannya ditempel stiker wajah Ilyas Panji Alam.  

“Sesuai kewenangan kami mempunyai kewajiban menindaklanjuti dan memproses terhadap laporan yang disampaikan oleh peserta, pemantau atau warga negara yang mempunyai hak pilih di wilayah Ogan Ilir, berdasarkan itulah Bawaslu Ogan Ilir berkesimpulan untuk mengeluarkan rekomendasi kepada KPU untuk menindaklanjuti hasil penanganan pelanggaran yang dilakukan,” kata  Ketua Bawaslu OI, Sumatera Selatan (Sumsel), Dermawan Iskandar kepada wartawan, Senin (12/10/2020) petang.

Ia mengatakan, bahwa KPU wajib menindaklanjuti rekomendasi yang pihaknya telah dikeluarkan dan sudah diterima oleh KPU OI pada tanggal 5 Oktober yang lalu.

Selain rekomendasi yang dikeluarkan itu berdasarkan laporan masyarakat telah melalui kajian, menurut Dermawan, rekomendasi Bawaslu OI tersebut juga tertuang dalam Undang-Undang-Nomor 10 Tahun 2016.

“KPU mengambil langkah itu tentu untuk kehati-hatian, mereka memanggil kembali tentu berdasarkan hasil koordinasi dan konsultasi dengan KPU provinsi dan KPU RI sesuai dengan PKPU Nomor 25 tahun 2013 dan perubahannya PKPU nomor 13 tahun 2015 itu murni langkah dan kewenangan KPU ” jelasnya lagi.

Sementara itu, menurut informasi diterima awak media di lapangan, Senin petang (12/10/2020), diketahui bahwa pihak KPU Ogan Ilir dikabarkan akan mengumumkan hasil rapat pleno mereka terkait rekomendasi Bawaslu itu akan dilakukan malam ini.


Sumber: https://kompassriwijaya.com/berita-daerah/12/10/2020/bawaslu-sebut-kpu-oi-wajib-jalankan-rekomendasi-pelanggaran-paslon-petahana/3374/