Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tidak Bisa Login www.depkop.go.id? Ini Solusinya

| Oktober 21, 2020 WIB | 0 Views
Ilustrasi

HaiTekno.com - Saat membuka sebuah situs web (website), normalnya akan terbuka dengan segera. Namun, sebagian orang menghadapi masalah pada situs tertentu yang tidak bisa dibuka, padahal koneksi dan jaringan internetnya tidak ada masalah.

Nah, kemungkinan situs tersebut sedang sibuk atau mengalami server down. Situs yang down sebenarnya jarang terjadi, namun kebanyakan hanya di hari-hari tertentu saja.

Contohnya saja, server down biasanya terjadi pada musim pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, tes CPNS. Bahkan, akhir akhir ini seperti situs Prakerja dan Depkop yang sedang membuka pendaftaran BLT UMKM atau Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta, kemungikinan besar sedang mengalami kejadian serupa.

Pasalnya, masalah ini biasanya disebabkan akibat terlalu banyak pengunjung, namun situs tersebut tidak mampu menampung seluruh pengunjung sekaligus.

Oleh sebab itu, sebagian pengunjung ada yang tidak bisa mengakses situs yang ditujunya.

Apabila website tak begitu kita butuhkan mungkin tidak masalah. Namun bagaimana jika situs tersebut penting dan ingin sekali dibuka? tentunya akan merepotkan dan membuat bingung.

Bagaimana Cara Mengetahui Server Down atau Tidak?

Ciri-ciri website yang sedang mengalami server down seperti situs loading (memuat) terus menerus, connection timed out (situs tidak merespon) dan tidak muncul tampilan apapun dengan layar kosong berwarna putih atau hitam.

Pada situs Depkop.go.id saat ini, diperkirakan sedang mengalami server down lantaran banyaknya pengunjung yang mengakses situs tersebut untuk mendaftar BLT UMKM atau BPUM senilai Rp2,4 juta dari Kementerian Koperasi (Kemenkop) UKM.

Cara Cek Kesibukan Situs

Anda tak bisa mengetahui dengan detil jika hanya mengira-ngira dari ciri website-nya.

Salah satu cara yang mudah, yakni dengan menggunakan fitur Command Prompt atau CMD.

Berikut Langkah-langkahnya:

1. Klik tombol Windows + R >> Ketikkan CMD >> Kemudian klik OK

2. Ketikkan Ping alamatsitus -t , Contohnya: ping www.depkop.go.id -t

3. Klik "Enter" pada keyboard komputer/laptop.

Setelah klik 'Enter', akan muncul proses bernama ping pada situs yang diketik.

Apabila server sedang sibuk atau mengalami down, biasanya terdapat pesan Request Timed Out (RTO).

Tanda apabila server sudah dapat diakses kembali, yakni akan muncul pesan berantai kecepatan transfer data dari situs yang dituju, dengan artian pesan selain RTO.

Kalau Sedang Down, Apa Tetap Bisa Diakses?

Sebenarnya, kalau diakses atau dibuka secara langsung tidak bisa. Karena masalah situs sibuk tersebut dari server dan hanya pemilik situs yang bisa mengaturnya agar dapat digunakan dengan lancar kembali.

Namun, ada beberapa cara dan tips untuk mengakses situs yang sedang mengalami server down.

Simak dan coba tiap poinnya:

1. Usahakan dengan Menggunakan PC atau Laptop

Apabila sebelumnya para pengguna mengakses situs yang sedang mengalami server down, dapat dicoba cara metode ini.

Pasalnya, dengan gadget smartphone atau sejenisnya, terkadang ada perbedaan kecepatan yang lumayan signifikan.

Dapat sangat berpengaruh ketika situs tersebut ternyata memuat halaman yang berisi konten foto maupun video.

Ketika membukanya di perangkat PC atau Laptop, ada komponen khusus bernama Graphics Processing Unit (GPU) yang merupakan sebuah prosesor khusus untuk membantu melancarkan pemuatan konten berbasis grafis tersebut.

Hal tersebut memang tidak sepenuhnya terjadi pada smartphone, khususnya telepon genggam yang telah memilik teknologi terbaru.

2. Akses Situs saat Dini Hari

Bukan tanpa alasan membuka situs web pada saat dini hari, pasalnya pada jam-jam tersebut sedang sepi pengunjung atau jarang ada yang mengakses.

Tidak ada salahnya mencoba meluangkan waktu untuk membuka situs yang sedang mengalami server down untuk diakses pada malam hari.

Situs Depkop.go.id misalnya, akan ada banyak pengunjung disaat pihaknya membuka pendaftaran BLT UMKM atau BPUM Rp2,4 juta hingga akhir November.

Secara logika, tentu akan menarik perhatian banyak pendaftar dan akan terjadi penumpukan pengunjung pada waktu bersamaan. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba mengakses Depkop.go.id ini disaat yang lain tertidur lelap.

Namun, hal ini tidak berlaku apabila kualitas server yang digunakan pemilik situs tersebut stabil dan handal. Apabila server yang digunakan berperforma dan berkualitas bagus, akan bisa melayani semua request akses tanpa kendala berarti.

3. Pastikan Koneksi Internet Anda Stabil

Apabila koneksi internet yang digunakan dalam mengakses tidak stabil, maka akan percuma.

Logisnya, membuka situs yang sibuk dengan koneksi yang cepat dan stabil saja susah, apalagi dengan koneksi yang tidak lancar atau lemot.

Anda dapat mencari sinyal yang bagus atau koneksi Wi-Fi yang stabil terlebih dahulu untuk membuka website yang sedang down.

Lokasi juga menentukan pengunjung saat mengakses website, apabila jarak antara pengakses dengan server terpaut jauh, pasti akan akan ada pengaruh meskipun tidak signifikan.

4. Ganti Browser

Server down sebenarnya bukan hanya karena terlalu banyak pengunjung secara bersamaan, bisa saja saja masalahnya ada pada browser yang dipakai untuk mengakses.

Bahkan, jika Anda sudah mengeceknya lewat CMD tapi terlihat normal.

Masalah pada browser tersebut misalnya saat kita sedang buka situs, lalu situsnya loading terus menerus, menampilkan layar putih atau hitam (halaman kosong) atau muncul pesan connection timed out.

Cara mengakali browser anda sebagai berikut:

- Coba clear cache (bersihkan cache) pada browser yang ada pada menu 'Pengaturan' di setiap browser. Biasanya hal ini akan cukup berpengaruh.

- Install ulang browser, jika memang diperlukan.

- Jika belum bisa, coba ganti browser yang digunakan untuk mengakses situs yang down tersebut seperti menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Demikian berbagai langkah dalam mengatasi situs yang sedang sibuk atau server down dari berbagai sumber. Selamat mencoba.***