Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Plagiasi Video Musik Via Vallen Dilaporkan ke Agensi IU

| Oktober 24, 2020 WIB | 0 Views
Plagiasi Video Musik Via Vallen Dilaporkan ke Agensi IU

HaiTekno.com - Jakarta - Para penggemar aktris dan penyanyi Korea Selatan, IU, rame-rame melaporkan video musik dari single terbaru Via Vallen ke Edam Entertainment, agensi artis bernama asli Lee Ji Eun itu.

Mereka memprotes plagiasi seratus persen dari konsep video musik Kasih Dengarkanlah Aku yang baru saja dirilis Via Vallen pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Laporan itu terlihat dari kolom komentar unggahan Via Vallen saat mempromosikan video musik single terbarunya bersama Dyrga Dadali di akun Instagramnya. "@edam.official video musik ini sama persis dengan video Above The Time - IU, tolong cek," tulis @dwbblue dalam Bahasa Inggris.

Akun ini kemudian berusaha mengingatkan Via. "Permisi, ini adalah plagiarisme .. mvnya memiliki kemiripan yang sama persis dengan IU mv di atas waktu itu, mohon hormati tim IU dan produsernya, atau anda bisa mengklarifikasi sebelum Edam menuntut anda .. ini sangat tidak tahu malu .. silakan cek @edam.official. Terima kasih."

Kalimat-kalimat senada yang melaporkan Via Vallen terus bermunculan. "Jakaena plis report...@edam-official...ngeri sih sama banget dengan yang punya IU," tulis @suryywulan. "Edam, harap pahami bahwa klip video ini menjiplak IU-Above The Time MV @ edam.official @dlwlrma @ fyi.korea @coppamagz," tulis @pv.iv.

Via Vallen sendiri memilih tidak berkomentar meski hujatan deras datang kepadanya. Di Instagram Storynya, meski dihujat, ia tetap mempromosikan video klipnya itu. Bahkan, ia mengunggah ulang unggahan dari MUA-nya. "Nah, penasaran kan sama VC terbaru dari Mbak @viavalen feat @dyrganup_dadali," tulis @lancangmakeupartist.

Melihat derasnya kecaman, pihak produser, Ascadamusik menjelaskan di kolom komentar video musik Kasih Dengarkanlah Aku. Menurut mereka, manajemen hanya menerima seluruh konsep video yang ditawarkan sutradara. "Hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami sama sekali tidak mengetahuinya, dan sedang meminta klarifikasi dari sutradara," tulis mereka.

Ascadamusik juga membela Via Vallen dan Dyrga. "Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara," demikian pembelaan di poin kedua. "Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip."