Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenali Peribahasa Unik dari Berbagai Negara di Dunia

| Oktober 02, 2020 WIB | 0 Views


Belide - Ketika sedang belajar pelajaran Bahasa Indonesia, pasti sering di temui yang namanya Peribahasa. Peribahasa adalah suatu ungkapan atau susunan kalimat yang secara tidak langsung menyampaikan suatu makna. Peribahasa yang sering kita temui adalah “tong kosong nyaring bunyinya”. Tentu kalian tau arti dari peribahasa tersebut. Peribahasa juga terdiri dari berbagai jenis, yaitu ibarat, bidal, dan pepatah.

Ternyata tidak hanya di Indonesia saja loh yang punya peribahasa. Di berbagai negara di dunia juga memiliki peribahasa atau ungkapan masing – masing. Setiap peribahasa ini juga memiliki makna yang unik yang harus kalian tau.

Beberapa contoh peribahasa di berbagai dunia antara lain :



Peribahasa ini berasal dari Kenya. Maksud dari peribahasa ini adalah “ Perseteruan orang yang berkuasa, akan menyakitkan masyarakat kecil ”. Makna ini cukup mendalam, melihat para penguasa dan petinggi pemerintahan yang berseteru, akan menyakitkan untuk semua rakyat.



Peribahasa asal Afrika ini maksudnya adalah “ Sangat mudah bagi seseorang untuk lupa dalam menyakiti orang lain, tetapi orang yang tersakiti tidak akan pernah lupa ” Peribahasa yang satu ini cukup dalam artinya.



Maksud dari peribahasa asal Wales ini adalah “ Selalu ada orang yang memberikan pengaruh buruk dalam setiap kelompok “. Ngena banget nih peribahasa. Pasti ada aja biang kerok di kelas yang suka bikin suasana jadi kacau.



Peribahasa yang satu ini asalnya dari Jerman. Maknanya adalah “ Jangan mudah percaya dari penilaian orang lain, percayalah terhadap penilaian diri sendiri “. Setuju banget sama peribahasa yang satu ini.



Peribahasa ini asalnya dari Italia. Artinya adalah “ Kenali Kelemahanmu “. Kenali kemampuan kita sebelum melakukan sesuatu. Jangan nekat. Sama seperti peribahasa ini, Sudah tau punya kepala lilin, malah maksa jalan di bawah matahari. Ya meleleh lah !



Yang satu ini asalnya dari Jepang. Peribahasa ini berawal dari ritual minum teh atau pernikahan di Jepang. Maksud dari peribahasa ini adalah “ Orang yang tidak berkomitmen dalam melakukan sesuatu ”. Paham kan maksudnya



Artinya adalah “ Mudah menyalahkan orang lain yang tidak bisa membela dirinya sendiri ”. Punya kucing di rumah? Kalau iya, siapa yang pertama kalian salahkan ketika ikan hilang di atas meja? Sudah pasti kucing. Kalau pun kucing yang di salahkan, kucing tidak bisa berbuat apa – apa. Oiya, peribahasa ini asalnya dari Irak



Peribahasa dari Swedia ini artinya adalah “ Seseorang sebaiknya membeli barang yang di perlukan saja “. Jangan boros, sebaiknya membeli barang yang perlu saja. Tidak perlu mengikuti tren yang hanya membuang –buang uang.



Peribahasa asal Sierra Leone ini artinya “ Siapapun bisa marah dalam situasi yang buruk “. Cacing disini di ibaratkan seperti orang pendiam yang jarang sekali marah atau berekspresi. Jadi, jangan dianggap sepele ya!

Gimana? Unik bukan. Masih banyak lagi peribahasa yang ada di belahan dunia. Jadi, bukan hanya di Indonesia saja yang punya peribahasa. Di negara  - negara lain juga punya peribahasa yang tak kalah unik. Semoga menambah wawasan kalian. ***