Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenali INSECURE dan Tanda - Tandanya

| Oktober 02, 2020 WIB | 0 Views


Belide - Kata Insecure pasti tidak asing bagi kalian. Kata Insecure biasa di ucapkan oleh kalangan muda seperti sekarang. Bahkan banyak anak muda yang mengaku sering mengalami insecure.

Tapi, kalian tau gak arti Insecure itu? Apa iya gak percaya diri atau sekedar malu bisa di bilang insecure? Kalau mau tau, simak penjelasannya ya!


Insecure berawal dari kata “Insecurity” yang berarti kondisi perasaan cemas, takut, atau merasa tidak aman. Kondisi ini biasa terjadi ketika malu, atau berasa kekurangan. Salah satu yang menyebabkan rasa “tidak aman” adalah tidak percaya diri yang berlarut yang berakibat tidak berani dalam berinteraksi dengan orang lain. Jadi, Insecure muncul bukan hanya sekedar tidak percaya diri saja, tapi juga dengan rasa tidak aman.

Terkadang hanya dengan warna kulit dan model baju saja seseorang merasa tidak percaya diri sehingga ketika sedang berkumpul dapat memancarkan aura jelek atau merasa canggung.

Perasaan Insecure ini bisa terjadi terhadap suatu pasangan. Perasaan tidak aman ini muncul ketika kalian merasa tidak di prioritaskan oleh pasangan, perasaan ketika tidak yakin dengan pasangan, atau perasaan yang takut kehilangan. Hal itu juga termasuk perasaan insecure atau tidak aman.

Perasaan Insecure yang berlarut dapat berakibat fatal seperti Mental Illness. Salah satu yang pernah terjadi adalah Choi Jin-ri atau biasa di kenal Sulli. Penyanyi asal Korea Selatan ini bunuh diri di duga karena komen netizen yang menyebabkan Sulli merasa tertekan dan depresi. Kalian pasti tau kabar ini. Berita ini gempar waktu itu tahun 2019.

Bagaimana sih tanda – tanda insecure?


Faktor utama adalah perasaan tidak percaya diri. Sebetulnya rasa percaya diri ini wajar, tetapi jika mengalami rasa percaya diri yang melarut biasanya akan selalu mengurung diri sendiri. Tidak percaya diri biasanya didasari oleh penampilan atau pengalaman buruk yang terjadi di masa lalu.


Faktor ini biasa paling mudah di lihat jika sedang Insecure. Perasaan ini terjadi ketika kurang bercermin atau mengenali dirinya sendiri. Karena sering sekali seseorang selalu menganggap kalau dirinya tidak punya kelebihan. Padahal, setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing – masing.


Maksud dari berpikir Out of The Box adalah enggan untuk keluar dari zona nyaman. Perasaan ini selalu terjadi ketika seseorang memiliki pengalaman masa lalu yang suram atau pahit yang sulit untuk di lupakan. Seperti di tolak, pernah di khianati oleh sahabatnya, atau mungkin pernah kehilangan orang yang paling di cintainya. Padahal, pengalaman pahit seharusnya di lupakan atau di kubur agar kita bisa bangkit dari masa lalu tersebut.


Perasaan yang minder cenderung ingin mendapat pujian dari orang lain, atau setidaknya di akui keberadaannya oleh orang lain. Hal ini biasa di lakukan ketika seseorang menciptakan suatu karya atau foto lalu di publikasikan ke sosial media. Lalu dia akan selalu mengecek jumlah like atau tanggapan dari postingan tersebut.

Itulah tanda – tanda dari seorang insecure. Kurangnya percaya diri menjadi factor utama dari insecure. Berbicara tentang percaya diri, ada satu Quotes dari Norman Vincent Peale.

“ Percayalah pada diri sendiri! Percayalah pada kemampuan Anda! Tanpa keyakinan wajar namun yang rendah hati, dalam kekuatan Anda, Anda tidak bisa sukses atau bahagia “

Nah, sekarang sudah tau kan? Kurang percaya diri itu wajar, tetapi jika terus menaruh topeng di wajah atau tidak ingin keluar dari zona nyaman, itu akan menghambat perkembangan seseorang. Jadilah yang terbaik dan hapus rasa minder itu agar dapat menguatkan mental dan percaya diri. ***