Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

7 Menu Makanan yang Bantu Turunkan Berat Badan

| Oktober 21, 2020 WIB | 0 Views
foto: Google

HaiTekno.com - Jika ingin menurunkan berat badan, rutin melakukan sarapan adalah salah satu hal yang dapat membantu. Sarapan akan mengontrol nafsu makan seharian misalnya membantu untuk mengontrol kebiasaan ngemil. Namun, menu sarapan juga tidak boleh sembarangan.

Dikutip dari Healthline, berikut 14 menu sarapan sehat yang membantu menurunkan berat badan.

1. Telur
Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti selenium dan riboflavin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal itulah yang membuat seseorang yang mengkonsumsi telur saat sarapan cenderung lebih kenyang dalam waktu yang lama dibandingkan mereka yang tidak.

Telur juga mengandung sedikit kalori sehingga cocok untuk mereka yang melakukan defisit kalori.

Penelitian PubMed Central yang meneliti 152 orang dewasa menemukan bahwa sarapan dengan telur menghasilkan penurunan berat badan 65 persen lebih banyak dan penurunan lingkar pinggang sebanyak 34 persen lebih besar selama delapan minggu.

2. Pisang
Selain rendah kalori, pisang merupakan menu sarapan yang tinggi serat. Jika seseorang mengkonsumsi pisang berukuran sedang, maka 12 persen kebutuhan serat setiap harinya telah terpenuhi. Serat membantu untuk menekan keinginan seseorang untuk ngemil dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang mentah adalah sumber pati resisten yang baik, sejenis pati yang tidak dapat dicerna oleh perut dan usus kecil. Penelitian menunjukkan bahwa pati resisten dapat membantu mengurangi asupan makanan dan mengurangi lemak perut. Coba kombinasikan pisang dengan yoghurt atau oatmeal sebagai menu sarapan.

3. Yogurt
Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa yogurt yang rendah gula memiliki pengaruh yang signifikan untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi yang melibatkan 8.516 orang menunjukkan bahwa mereka yang makan setidaknya tujuh porsi yogurt setiap minggu memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengkonsumsi yogurt.

Tak hanya untuk sarapan, yogurt juga dapat menjadi camilan sehat sehingga tak perlu kuatir dapat menaikkan berat badan.

4. Beri
Jenis beri sangat beragam contohnya seperti stroberi, blueberi, blackberi, dan raspberi. Seluruh jenis beri tersebut rendah kalori dan memiliki vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Dalam sebuah penelitian yang meneliti 133.468 orang dewasa menunjukkan bahwa setiap porsi buah beri setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan 0,5 kilogram selama empat tahun.

5. Kiwi
Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan kalium yang tinggi. Kiwi juga memberikan 21 persen kebutuhan serat harian. Dalam sebuah studi yang melibatkan 83 wanita menemukan bahwa diet tinggi serat dengan kalori terbatas efektif dalam mengurangi nafsu makan sehingga dapat menurunkan berat badan, lemak tubuh dan lingkar pinggang secara signifikan. Untuk itulah, kiwi dapat menjadi salah satu menu sarapan sehat yang membantu menurunkan berat badan.

6. Teh hijau
Menurut ahli, teh hijau memberikan banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk metabolisme dan kapasitas pembakaran lemaknya. Dalam penelitian yang meneliti 23 orang menemukan bahwa mengonsumsi tiga kapsul ekstrak teh hijau meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen hanya dalam 30 menit. Ada banyak cara untuk menikmati teh hijau di pagi hari. Misalnya menambahkan madu, perasan jeruk lemon atau daun mint.

7. Kopi
Mengawali hari dengan sarapan secangkir kopi selain dapat membuat lebih bersemangat juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Kandungan kafein dalam kopi membantu metabolisme tubuh. Dalam sebuah penelitian, konsumsi kafein meningkatkan metabolisme sebesar 13 persen. Tak hanya itu, kafein juga membantu pemecahan lemak.

Studi lain pada 58.157 orang dewasa menunjukkan bahwa kopi dapat membantu pengendalian berat badan dalam jangka panjang jangka panjang. Pastikan bahwa kopi yang dikonsumsi tidak mengandung terlalu banyak gula sehingga manfaat dari kopi untuk menurunkan berat badan dapat terlihat.