Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

4 Jenis Sayuran dan Buah Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

| Oktober 23, 2020 WIB | 0 Views
Ilustrasi : Daun Bayam

HaiTekno.com - Sayuran yang terkenal banyak mengandung nutrisi ternyata bisa menyebabkan rasa nyeri akibat asam urat kambuh.

Diketahui bahwa sayur-sayuran yang mengandung tinggi purin adalah salah satu penyebab utama kambuhnya penyakit asam urat atau penyebab tingginya asam urat.

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena penumpukan kristal asam urat yang terjadi pada sendi yang bisa menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Biasanya, akibat mengkonsumsi makanan tinggi purin.

Tak hanya sayuran, beberapa jenis bahan makanan seperti daging merah, jeroan, makanan laut merupakan penyumbang terbesar purin di dalam tubuh.

Untuk itu bagi penderita asam urat sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang telah disebutkan di atas.

Seperti dikutip oleh ringtimesbanyuwangi.com dari berbagai sumber, berikut merupakan sayuran tinggi purin yang harus dihindari oleh pengidap asam urat.

1. Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi diantaranya tinggi akan zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid.

Meskipun demikian, ternyata bayam mengandung tinggi kandungan purin yang bisa menyebabkan kambuhnya penyakit asam urat. Kadar purin dalam 100 gram bayam terdapt 57 gram purin.

2. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang biasa dihidangkan dalam masakan sehari-hari. Meskipun tinggi akan nutrisi, ternyata kembang kol tinggi akan kandungan purin dan menjadi salah satu pantangan bagi pengidap asam urat.

Menurut hasil penelitian kandungan purin di dalam 100 gram kembang kol berkisar di antara 51 gram kandungan purin.

3. Asparagus

Meskipun jarang terdapat di Indonesia, sayuran asparagus termasuk ke dalam jenis sayuran yang harus dihindari bagi pengidap asam urat. Kandungan purin di dalam 100 gram asparagus berkisar pada 23 gram.

4. Buah Nangka dan Nanas

Selain sayuran, ternyata beberapa jenis buah juga harus dihindari oleh pengidap asam urat.

Salah satu buah yang harus dihindari pengidap asam urat dan tergolong buah yang mengandung tinggi purin yaitu buah nangka .

Tak hanya itu, penderita penyakit asam urat sebaiknya menghindari makan nanas karena akan memicu kambuhnya penyakit asam urat. Hal tersebut terjadi lantaran nanas yang ada di dalam lambung akan difermentasi menjadi alkohol yang bisa memeicu timbulnya nyeri akibat asam urat.

Seperti disebutkan di atas jenis-jenis sayuran dan buah yang sebaiknya dihindari bagi pengidap penyakit asam urat.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, masih banyak jenis bahan pangan terutama jenis sayur dan buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat, bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi.***