Semua Fakta Menarik Tentang Black Hole dan White Hole

Karena kami tidak ingin terdengar rasis, kami menyajikan beberapa fakta yang tidak diketahui dan menarik tentang keduanya - lubang hitam dan lubang putih.

Apa sebenarnya Black Hole itu? 

Sederhananya, sebuah lubang hitam adalah wilayah ruang yang sangat padat sehingga tidak ada yang bisa keluar dari permukaannya, bahkan cahaya. Batas wilayah disebut horizon peristiwa. Ini adalah titik di mana kecepatan lepas dari medan gravitasi sama dengan kecepatan cahaya.

Apa itu White Hole? 

Lubang putih persis kebalikan dari lubang hitam. Anda tidak pernah bisa keluar dari lubang hitam, sedangkan lubang putih adalah wilayah hipotetis di mana Anda tidak bisa masuk dari luar, dengan kata lain, Anda bisa pergi tetapi tidak pernah bisa kembali. Sama seperti lubang hitam, lubang putih memiliki sifat seperti muatan, massa, momentum dll.
Mari kita uraikan keduanya dan cari tahu beberapa fakta yang berdasarkan pada teori-teori ilmiah.

Lubang hitam

1. Lubang Hitam Mempengaruhi Waktu

Mereka memengaruhi waktu
Jam berjalan sangat lambat di dekat lubang hitam dibandingkan di bumi, karena gaya gravitasi besar. 
Ini semua tergantung pada kelengkungan ruangwaktu di sekitar lubang hitam. Sinar harus menutupi jarak yang lebih dekat lubang hitam.
Namun, bagi seorang pengamat dalam medan gravitasi ekstrem itu, cahaya harus tampak selalu 299792458 m / s, waktu harus melambat untuk individu (pengamat) itu dibandingkan dengan seseorang di luar tarikan gravitasi.

2. Mereka Luar Biasa Besar

Luar biasa Besar
Tentu saja Black hole adalah struktur raksasa tetapi seberapa besar itu? 
Massa lubang hitam berbanding lurus dengan ukuran horizon peristiwa (juga dikenal sebagai jari-jari Schwarzschild).
Para ilmuwan telah menemukan horizon peristiwa mulai dari 6 mil hingga seukuran tata surya kita.
Jari-jari Schwarzschild
Jari-jari Schwarzschild di Bumi seukuran kelereng. Itu berarti, Anda harus mengompres bumi ke ukuran marmer untuk mengubahnya menjadi lubang hitam. Sekarang Anda dapat menghitung ukuran lubang hitam.

3. Bentuk Lubang Hitam

Lubang Hitam BulatSumber gambar: wikimedia
Di beberapa buku pelajaran atau situs, Anda mungkin pernah melihat lubang hitam yang terlihat seperti corong. Ini karena mereka diilustrasikan dari sudut pandang gaya gravitasi atau kriteria lainnya. Pada kenyataannya, mereka lebih mirip bola hitam.

4. Lubang Hitam Putar di sekitar Sumbu

Putar Lubang HitamKredit gambar: hubblesite.org
Lubang hitam (tidak semua) berputar di sekitar porosnya dan situasinya cukup rumit. Ruang di sekelilingnya diseret untuk menciptakan pusaran air kosmik. Alih-alih satu titik, singularitas adalah cincin yang sangat tipis.

Cakrawala peristiwa terdiri dari 2 bidang imajiner. Wilayah mereka (dikenal sebagai ergosphere) dibatasi oleh batas statis di mana Anda akan memutar dengan kecepatan yang sama (juga arah) seperti lubang hitam meskipun Anda masih bisa melarikan diri. 
"GRS 1915 + 105" adalah lubang hitam bintang terberat di Bima Sakti (10-18 kali massa Matahari), yang berputar 1.150 kali per detik.

5. Gaya Tarik Lubang Hitam Bergantung pada Massa dan Jarak

Gravitasi Bergantung pada Massa dan JarakSumber gambar: nasa.gov
Seperti makhluk di balik sangkar, tidak masalah mengamati lubang hitam jauh dari cakrawala acaranya. Tarikan gravitasi dari setiap lubang hitam tergantung pada massa dan jaraknya dari kita. 
Itu berarti, bahkan jika bintang terdekat seperti Sun tiba-tiba memadat menjadi lubang hitam, itu tidak akan mempengaruhi Bumi secara gravitasi.
Bumi akan tetap berada di orbitnya saat ini dan kita tidak akan tersedot ke dalam lubang hitam.

6. Mereka adalah Perangkat Penyimpanan Data Utama

Perangkat Penyimpanan Data UtamaKredit gambar: scitechdaily.com
Cakrawala peristiwa terbuat dari bit superhot dari informasi yang pernah diorganisir, dipecah menjadi bentuk paling sederhana untuk efisiensi ruang-waktu maksimum. Ini seperti hard drive tanpa batas (atau setara dengan Bekenstein Bound) yang dapat menyimpan sejarah lengkap jutaan bintang. 
Dimungkinkan untuk menggunakan lubang hitam sebagai perangkat komputasi.

7. Lubang hitam terdekat dan terbesar

lubang hitam terdekat
Galaksi kita tertutupi dengan banyak lubang hitam tetapi yang paling mungkin menghancurkan planet kita masih di luar batas tata surya kita (tidak ada batas tetap karena tata surya berkembang dengan kecepatan terus menerus). Tepatnya, lubang hitam terdekat ke bumi berjarak 1600 tahun cahaya.
Lubang hitam terbesar (sesuai teori) adalah 30.000 tahun cahaya dari kita yang sekitar 30 juta kali lebih besar dari Matahari kita.

8. Mereka Akhirnya Menguap

Mereka Akhirnya MenguapSumber gambar: slate
Usia lubang hitam terbatas. Mereka melepaskan radiasi (dikenal sebagai radiasi Hawking) karena efek kuantum dekat horizon peristiwa. Ketika mereka memancarkan radiasi mereka kehilangan massa dan proses ini memiliki potensi untuk akhirnya membunuh lubang hitam.

9. Berbagai Jenis Lubang Hitam

Berbagai Jenis
Ada 3 jenis lubang hitam di ruang (dikategorikan menurut massanya): Stellar, Supermassive, dan Miniature black hole. 
Bentuk bintang ketika bintang yang sangat raksasa runtuh. 
Lubang hitam supermasif ada di pusat sebagian besar galaksi (termasuk Bima Sakti) dan dapat memiliki massa setara dengan jutaan Matahari. 

Miniatur adalah yang kecil (belum ditemukan) yang memiliki massa lebih kecil dari Matahari kita.

10. Sumber untuk Bepergian dalam Waktu

Bepergian dalam Waktu - Hanya di masa depanKredit foto: livescience.com
Lubang hitam dapat digunakan untuk melakukan perjalanan ke masa depan (bukan masa lalu). Menurut teori relativitas, pengamat eksternal akan melihat jam di medan gravitasi semakin lambat. Sederhananya, waktu berjalan lebih lambat di dekat lubang hitam. 

Mereka tidak bisa melihat lubang hitam karena tidak ada cahaya yang bisa keluar darinya. Namun, kita tahu bahwa mereka memancarkan radiasi elektromagnetik. Intensitas radiasi dari biru (rendah) ke putih (tinggi) menunjukkan 'warna palsu'.

11. Hukum Fisika Terurai Di Dalam Horizon Peristiwa

Melanggar hukum fisikaSumber gambar: nasa.gov
Hal-hal dalam lubang hitam dihancurkan hingga tak terbatas, dan ruang & waktu tidak ada lagi. Hukum fisika meruntuhkan di dalam cakrawala peristiwa; secara manusiawi tidak mungkin untuk membayangkan sesuatu dengan kepadatan tanpa batas dan volume nol.

12. Massa Minimum Lubang Hitam

Massa minimum
Tidak ada lubang hitam yang sangat kecil. Massa minimum di atas atau sama dengan massa Planck yaitu sekitar 22 mikrogram.

13. Distorsi Ruang

Distorsi ruang waktuKredit gambar: phys.org
Lubang hitam memiliki kapasitas untuk mendistorsi ruang. Mereka dapat menggeser aliran waktu dan mengubah bentuk ruang. Karena lubang hitam terus berputar, efek aneh terjadi yang disebut menyeret bingkai. 

Dalam efek ini, ruang dan waktu yang dekat dengan lubang hitam benar-benar diseret dengannya.
Ruang menyeret begitu kuat sehingga tidak mungkin untuk bergerak ke arah yang berlawanan. Ini adalah regresi distorsi tanpa batas di mana tidak ada cara untuk bergerak maju.

14. Obyek Apa pun bisa menjadi Lubang Hitam

Obyek apa pun bisa berubah menjadi Lubang Hitam
Bintang bukan satu-satunya hal yang akhirnya berubah menjadi lubang hitam. Jika ponsel Anda menyusut ke titik yang sangat kecil dan masih mempertahankan massa 100%, kepadatannya akan mencapai tingkat astronomi yang akan membuat gaya gravitasi mereka sangat kuat.

15. Lubang Hitam bisa membunuhmu dengan cara yang mengerikan

Itu bisa membunuhmu dengan mudah
Jika Anda memasuki cakrawala acara, tubuh Anda akan dicabik-cabik menjadi potongan sekecil mungkin. Untuk menghindari tarikannya, Anda harus melakukan perjalanan lebih cepat dari cahaya yang tidak mungkin.

Gaya tarik menuju pusat yang dikenal sebagai gaya pasang surut yang bekerja di kepala Anda (jika Anda terjatuh lebih dulu) akan jauh lebih kuat daripada gaya gravitasi yang bekerja pada jari-jari kaki Anda. Itu akan membuat kepala 
Anda berakselerasi jauh lebih cepat dari jari kaki Anda. Ini akan meregangkan tubuh Anda sampai patah. Proses yang sama akan dilanjutkan dengan bagian lain dari tubuh Anda.

16. Anda bisa masuk ke dalam Black Hole 

Masuk ke Black Hole
Teori relativitas mengatakan bahwa adalah mungkin untuk melakukan perjalanan melalui keseluruhan hitam tanpa menghancurkan. Ada sebuah terowongan dalam ruang-waktu (disebut lubang cacing) yang memungkinkan Anda untuk melakukannya.

Namun, saat-saat terakhir Anda akan sedikit seperti berada di dalam cermin satu arah yang terdistorsi. Tidak seorang pun di luar akan dapat melihat Anda, tetapi Anda akan memiliki pandangan yang menyimpang atau kabur dari mereka. 
Sebuah teori baru khusus menunjukkan bahwa  lubang hitam bisa bermetamorfosis menjadi lubang putih  melalui proses kuantum.

17. Lubang Cacing Bukan di Pusat Lubang Hitam

Wormhole Bukan di Pusat
Ini adalah kesalahpahaman umum yaitu ada terowongan (atau lubang cacing) di tengah setiap lubang hitam. Semua yang ada di pusat black hole adalah jumlah materi yang sangat besar yang dihancurkan ke dalam jumlah ruang yang sangat kecil.

18. Mereka Menghasilkan Suara

BerisikSumber gambar: nasa.gov
Ketika lubang hitam menarik sesuatu ke dalam, cakrawala acaranya supercharges partikel dekat dengan kecepatan cahaya, yang menghasilkan suara. 

Anda mungkin berpikir suara tidak dapat bergerak dalam ruang hampa, lalu bagaimana itu mungkin terjadi. Sebenarnya, ruang luar bukanlah ruang hampa total. Ini terdiri dari beberapa atom hidrogen (ditambah gas lainnya) per meter kubik, yang berfungsi sebagai media untuk gelombang suara frekuensi sangat rendah.

19. Mereka adalah Sumber Energi Raksasa dan Esensial bagi Pembentukan Kehidupan

Sumber energiSumber gambar: nasa.gov
Dalam lubang hitam benda-benda menjadi terjepit begitu keras sehingga ruang antara komponen-komponen individu dari atom dikompresi, dan dipecah menjadi partikel-partikel subatomik. Partikel-partikel ini mampu menciptakan elemen (termasuk besi dan karbon) yang penting untuk pembentukan kehidupan. 
Juga, pemisahan partikel-partikel menciptakan energi yang sangat besar. Konversi massa menjadi energi ini sekitar 50 kali lebih efisien daripada reaksi nuklir.

20. Mereka Menentukan Jumlah Bintang di Langit

Batasi jumlah bintangSumber gambar: npr.org
Ada 10 22  bintang di alam semesta dan jumlah ini ditentukan oleh lubang hitam. Partikel-partikel yang dipancarkan oleh lubang hitam berekspansi ke gelembung yang beriak melalui "daerah pembentuk bintang" galaksi. Partikel-partikel ini memanaskan awan gas (daerah pembentuk bintang) dan mencegah bintang terbentuk. 

Ada hubungan seimbang antara aktivitas lubang hitam dan jumlah bintang. Terlalu banyak bintang akan membuat galaksi terlalu panas dan meledak untuk kehidupan untuk berevolusi, sedangkan tidak cukupnya permulaan dapat mencegah kehidupan terbentuk.

21. Konsep Black Hole ditemukan pada 1783

John Michell
Tebak siapa yang menemukan konsep Black hole. Tidak, bukan Albert Einstein. Ini pertama kali dikandung oleh seorang astronom amatir, John Michell kembali pada 1783. Pada 1915, Albert Einstein menerbitkan teori relativitas umum dan pada 1916 Karl Schwarzchild menggunakan teori ini untuk mendefinisikan lubang hitam.

Lubang Putih

22. Konsep White Hole diperkenalkan pada tahun 1964

Kemungkinan keberadaan lubang putih pertama kali diperkenalkan oleh Igor Dmitriyevich Novikov pada tahun 1964. Mereka (Lubang Putih) diprediksi sebagai bagian dari solusi versi diperpanjang secara maksimal dari  vakum Schwarzschild yang  menggambarkan lubang hitam abadi tanpa rotasi dan tanpa biaya.

23. Lubang Putih Melanggar Hukum ke-2 Termodinamika

2 Hukum Termodinamika
Hukum kedua termodinamika menyatakan bahwa jumlah entropi di alam semesta hanya bisa tetap sama atau meningkat. Lubang hitam bagus untuk meningkatkan entropi. Sedangkan, lubang putih melakukan pekerjaan yang berlawanan: ia mengurangi entropi dengan menjalankannya ke belakang, yang tidak diizinkan (setidaknya di alam semesta kita).

24. Lubang Putih ada untuk Durasi Sangat Singkat

Dalam relativitas umum, tidak peduli apakah Anda bermain waktu maju atau mundur. Jika waktu dapat berjalan dalam satu arah (maju), itu bisa dengan mudah pergi ke arah lain (mundur). 
Jadi jika lubang hitam ada, begitu juga lubang putih, yang merupakan lubang yang diputar mundur.

Jadi, bahkan jika lubang putih entah bagaimana terjadi, itu akan sangat tidak stabil karena alam semesta tidak menyukainya ketika Anda melanggar hukum fisika. 
Itu berarti, sebuah lubang putih sungguhan mungkin hanya akan bertahan selama beberapa detik sebelum ia runtuh menjadi lubang hitam.

25. Lubang Putih Yang Dikenal

grb 060614Sumber gambar: astro.caltech.edu
Kembali pada tahun 2006, ada ledakan sinar gamma (disebut 060614) yang berlangsung selama 102 detik. Biasanya mereka memiliki durasi pendek, jadi itu cukup mengejutkan untuk melihat selama hampir dua menit.

Lima tahun setelah kejadian itu, beberapa ilmuwan  menyarankan  bahwa ledakan gamma adalah lubang putih. Panjang dan kekuatan ledakan bergema dengan gagasan tentang lubang putih yang muncul, kemudian meledak sendiri. Tidak semua astronom menerima teori ini, meskipun kemungkinan itu kemungkinan.

26. White Hole dan Black Hole Together dapat membuat Wormhole

Fakta Tentang Lubang Hitam dan Lubang Putih
Beberapa ilmuwan percaya bahwa Anda dapat membuat lubang cacing dengan menghubungkan lubang putih dan lubang hitam. Selain itu, jika Anda menghubungkan lubang putih dari masa lalu dan menghubungkannya ke lubang hitam hari ini, Anda secara teoritis dapat membangun mesin waktu. Kemungkinannya tidak terbatas.

Baca: Memvisualisasikan Lubang Hitam Supermasive Dengan Virtual Reality
PS: Astronom masih tidak tahu banyak tentang lubang putih dan mungkin suatu hari nanti. Itu akan membutuhkan kemajuan baru dalam fisika dan astronomi.

Itulah beberapa Fakta Menarik Tentang Black Hole dan White Hole, semoga bermanfaat.  Bila ada yang perlu kamu tanyakan silahkan kirim komentar atau via email.

Diterjemahkan ke bahasa indonesia

0 Response to "Semua Fakta Menarik Tentang Black Hole dan White Hole"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel