35+ Fakta Aneh dan Menarik Tentang Otak Manusia

Setiap hari, para peneliti mempelajari sesuatu yang baru tentang cara kerja otak. Bidang ilmu saraf masih dalam masa pertumbuhan, tetapi dengan cepat meledak - membuat fakta  - fakta otak kemarin  menjadi mitos otak saat ini  .


Otak kita memungkinkan kita untuk berpikir, menciptakan, dan merasakan. Dan untuk menerima, menyimpan, dan mengambil kenangan. Untuk menggali jauh ke dalam pikiran Anda, kami telah mengumpulkan beberapa fakta otak paling menarik yang didukung oleh sains.
Beberapa akan membuat Anda berhenti dan berpikir, dan beberapa akan membuat Anda kagum. Di sini kita mulai ...

1.

otak lelah
Otak Anda melakukan pekerjaan kreatif dengan lebih baik ketika Anda lelah . Ini mungkin terdengar gila, tetapi sebenarnya masuk akal ketika Anda melihat alasan di baliknya.
Jika Anda mencoba melakukan pekerjaan inovatif, Anda sebenarnya akan lebih beruntung ketika otak Anda tidak berfungsi secara efisien atau ketika Anda lebih lelah. Dalam hal ini, otak Anda tidak pandai menyaring gangguan dan fokus pada tugas tertentu. Itu juga harus mengingat hubungan antara konsep dan ide.
Ini adalah hal yang baik ketika datang ke karya inovatif, karena jenis pekerjaan ini mengharuskan kita untuk membuat koneksi baru, terbuka untuk ide-ide baru dan berpikir dengan cara baru. Jadi otak yang lelah jauh lebih berguna bagi kita ketika mengerjakan proyek kreatif. Ini adalah salah satu alasan mengapa  ide-ide besar terjebak dalam pikiran saat mandi  setelah hari yang sibuk. Artikel ilmiah Amerika menjelaskan bagaimana gangguan bisa menjadi hal yang baik untuk berpikir kreatif.

2.

otak-dalam-cinta
Otak Anda jatuh cinta:  Peneliti Helen Fisher telah menghabiskan kehidupan akademisnya dengan mencoba mencari tahu apa yang ada dalam otak orang-orang yang berada dalam cinta romantis yang penuh gairah. Dia menemukan bahwa ketika mereka fokus pada objek kasih sayang mereka, seluruh bagian otak mulai menyala.
Dia menemukan bahwa caudate (bagian dari otak reptil primitif) sangat aktif pada individu erotis ini. Area otak yang terkait dengan produksi dopamin dan norepinefrin menyala. Keduanya merupakan bahan kimia yang terkait dengan kegembiraan dan kegiatan yang menyenangkan. Itulah alasan kekasih berbicara sepanjang malam atau berjalan sampai subuh, berganti pekerjaan atau gaya hidup, bahkan mati untuk satu sama lain.

3.

otak-stess
Stres dapat mengubah ukuran otak Anda:  Beberapa penelitian menunjukkan tanda-tanda penurunan ukuran otak akibat stres. Sangat menakutkan untuk berpikir bahwa stres berkepanjangan dapat mempengaruhi otak kita dalam jangka panjang.
Sebuah studi menemukan bahwa pada tikus yang terpapar stres kronis,  hippocampus (integral untuk membentuk ingatan) di otak mereka sebenarnya menyusut.
Penelitian lain dilakukan pada monyet yang telah dipindahkan dari ibu mereka dan dirawat oleh rekan-rekan mereka selama 6 bulan. Area otak mereka yang terkait dengan stres masih membesar, bahkan setelah berada dalam kondisi sosial normal selama beberapa bulan.

4.

bagian otak
Bagian otak:  Jika Anda mengiris otak manusia di tengah, Anda dibiarkan dengan dua belahan korteks serebral. Masing-masing belahan mengandung 4 lobus: lobus  Frontal, Temporal, Parietal dan Occipital . Mereka dikhususkan untuk melakukan hal-hal tertentu, seperti lobus frontal membantu Anda membuat keputusan, sedangkan lobus oksipital mengkhususkan diri dalam penglihatan. Selain itu, ada struktur yang lebih dalam di otak seperti  sistem limbik , yang sangat penting untuk memori jangka panjang.

5.

otak multitasking
Tidak mungkin bagi otak untuk melakukan banyak tugas:  Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka dapat melakukan dua tugas atau lebih pada saat yang sama, tetapi ternyata melakukan banyak tugas sebenarnya tidak mungkin bagi pikiran manusia. Apa yang kita lakukan disebut pengalihan konteks - dengan cepat beralih bolak-balik di antara berbagai aktivitas, alih-alih melakukannya secara bersamaan.

6.

Waktu tidur siang
Tidur siang meningkatkan kinerja otak:  Kita semua tahu betapa pentingnya tidur bagi otak kita, tetapi bagaimana dengan tidur siang? Ternyata ledakan singkat tidur sangat membantu, dan mereka dapat meningkatkan kinerja otak sehari-hari. Ini membantu meningkatkan kekuatan memori dan membuat belajar menjadi lebih baik.
Menurut  penelitian terbaru , sisi kanan otak jauh lebih aktif selama tidur siang daripada sisi kiri. Meskipun 95% dari populasi adalah tangan kanan, dengan sisi kiri otak mereka yang paling dominan, sisi kanan secara konsisten adalah belahan yang lebih aktif selama tidur.
Jadi, sementara sisi kiri otak mengambil cuti, sisi kanan membersihkan area penyimpanan sementara Anda, mendorong beberapa informasi ke penyimpanan jangka panjang, memperkuat ingatan Anda dari hari itu.

7.

trepanning
Trepanning :  Ini adalah intervensi bedah lama di mana lubang dibor atau dikorek ke dalam tengkorak manusia untuk mengobati sakit kepala yang menyakitkan, penyakit otak atau untuk membiarkan "roh jahat" keluar dari kepala. Alat yang disebut trephine digunakan untuk memotong sepotong tulang tengkorak, dan prosesnya sangat menyakitkan.

8.

pusat kesenangan otak
Otak memiliki pusat kesenangan: Otak memungkinkan kita tahu kapan sesuatu itu menyenangkan dan memperkuat keinginan untuk melakukan tindakan menyenangkan yang sama lagi. Ini dikenal sebagai sirkuit hadiah, yang mencakup semua jenis kesenangan, dari seks hingga tawa hingga jenis penggunaan narkoba tertentu.

9.

introversi dan ekstroversi
Introversi dan ekstroversi adalah hasil dari kabel yang berbeda di otak: Ada perbedaan dalam otak introvert dan ekstrovert. Perbedaannya berasal dari bagaimana mereka memproses rangsangan. Stimulasi yang masuk ke otak kita diproses secara berbeda berdasarkan kepribadian. Untuk introvert, rangsangan berjalan melalui jalur panjang dan kompleks di area otak yang terkait dengan perencanaan, mengingat dan memecahkan masalah.
Di sisi lain, untuk ekstrovert, jalannya jauh lebih pendek. Ini mengalir melalui area di mana pemrosesan indera rasa, sentuhan, visual, dan pendengaran terjadi. Selain itu, perbedaan dalam sistem dopamin di otak orang ekstrovert mendorong mereka untuk mencari hal-hal baru, mengambil risiko, menikmati situasi yang tidak dikenal atau mengejutkan lebih daripada yang lain.

10.

waktu lambat
Buat otak Anda berpikir waktu berjalan lambat : Anda dapat menipu otak Anda untuk berpikir waktu bergerak lebih lambat dengan melakukan hal-hal baru. Ketika kita menerima sejumlah besar informasi baru, dibutuhkan otak kita untuk memproses semuanya. Semakin lama pemrosesan ini, semakin lama periode waktu itu terasa. Misalnya, kejadian yang mengancam jiwa atau tidak disengaja membuat kita benar-benar memperhatikan, jadi kita mengingat waktu lebih lama karena kita mencatat lebih banyak pengalaman.
Di sisi lain, jika otak tidak memiliki banyak proses, waktu tampaknya bergerak lebih cepat. Jumlah waktu yang sama sebenarnya akan terasa lebih pendek daripada yang seharusnya. Ini biasanya terjadi ketika Anda mengambil banyak informasi yang familier, karena Anda telah memprosesnya sebelumnya.

11.

Kerutan membuat kita pintar:  Permukaan otak manusia berbelit-belit oleh celah yang dalam, punggung yang disebut gyri , alur yang lebih kecil yang disebut sulci Permukaan ini dikenal sebagai korteks serebral dan mengandung sekitar 100 miliar sel saraf. Permukaan yang terlipat dan berkelok-kelok memungkinkan otak untuk berkemas di lebih banyak area permukaan, dan dengan demikian memproses lebih banyak daya.

12.

bau coklat
Aroma cokelat membuat gelombang otak liar : Bau cokelat meningkatkan gelombang otak theta, yang memicu relaksasi. Ini juga meningkatkan aktivitas gelombang alfa dan beta - alfa paling umum terlihat pada orang dewasa yang santai tetapi terjaga, sementara beta terlihat ketika orang melakukan sesuatu seperti aritmatika mental.

13.

Semua sel otak tidak sama:  Walaupun ada 10.000 jenis neuron spesifik di otak, secara umum, ada tiga jenis neuron yang umum:  neuron sensorik untuk menyampaikan informasi sensorik,  neuron motor  untuk menyampaikan informasi motorik, dan  interneuron  untuk menyampaikan informasi antara berbagai jenis neuron.

14.

Sebagian besar sel otak bukanlah neuron:  Neuron hanya membentuk 10 persen dari sel otak kita. 90 persen lainnya yang merupakan setengah dari berat otak, disebut gila (berarti "lem" dalam bahasa Yunani). Peran sel-sel tanpa tanda ini mulai dari membersihkan kelebihan neurotransmitter hingga memberikan perlindungan kekebalan tubuh untuk benar-benar meningkatkan dan memodulasi pertumbuhan dan fungsi sinaps (koneksi antar neuron).

15.

sel otak
Koneksi otak baru  dibuat setiap kali Anda membentuk memori. Ada triliunan sinapsis di otak manusia yang membentuk jaringan yang fleksibel dan kompleks yang memungkinkan kita untuk berperilaku, merasakan, dan berpikir. Kerusakan sinapsis karena neurotoksin atau penyakit dikaitkan dengan masalah kognitif, perubahan suasana hati dan kehilangan memori.

16.

Otak tidak pernah berhenti berubah:  Sebuah  studi 2007 kasus seorang pasien stroke yang  menunjukkan bahwa otak orang dewasa mungkin mampu menciptakan jalur saraf baru, sebagai orang-orang dari anak-anak. Pusat visual dari otak orang dewasa dapat mengenali dirinya secara saraf untuk mengatasi jalur yang rusak dan menghasilkan peningkatan dalam persepsi visual. Selain itu, penelitian tentang meditasi menunjukkan bahwa pelatihan mental yang kuat dapat mengubah struktur dan fungsi otak.

17.

otak laki-laki-perempuan
Otak pria dan wanita serupa:  Meskipun hormon pria dan wanita mempengaruhi perkembangan otak secara berbeda, dan studi pencitraan telah menemukan perbedaan otak dalam cara pria dan wanita merasakan rasa sakit, mengatasi stres dan membuat keputusan sosial, sejauh mana perbedaan ini bersifat genetik versus dibentuk oleh pengalaman tidak diketahui. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychological Bulletin (Januari 2010) menganalisis sekitar setengah juta anak perempuan dan laki-laki dari 69 negara dan tidak menemukan kesenjangan secara keseluruhan dalam kemampuan matematika.

18.

Orang yang melakukan kesalahan lebih disukai:  Menurut  efek Pratfall  , daya tarik yang dirasakan seseorang meningkat atau berkurang setelah dia melakukan kesalahan. Pada dasarnya, mereka yang tidak pernah melakukan kesalahan dianggap kurang menarik dan disukai daripada mereka yang sesekali melakukan kesalahan.

19.

berat otak
Otak orang dewasa rata-rata  memiliki berat antara 1,2 kilogram hingga 1,4 kilogram , atau sekitar 2% dari berat badan, dengan volume sekitar 1.130 cm kubus pada wanita dan 1.260 cm kubus pada pria. Dari jumlah itu, berat keringnya adalah 60% lemak, menjadikan otak Anda organ paling gemuk. Sekitar 80% isi tempurung kepala Anda adalah otak, sedangkan cairan yang menyangga jaringan saraf, dan cairan serebrospinal membentuk sisanya. Jika Anda mencampur semua cairan otak dan darah, itu akan menjadi sekitar 1,7 liter.

20.

otak menyusut
Berkeringat selama satu setengah menit  dapat secara sementara menyusutkan otak  sebanyak satu tahun penuaan. Para peneliti di Institute of Psychiatry di King's College London mempelajari otak remaja setelah bersepeda selama 90 menit. Mereka menemukan bahwa pengendara sepeda yang berpakaian berlebihan kehilangan sekitar £ 2 karena keringat, dan jaringan otak mereka telah menyusut dari tengkorak mereka. Apalagi hanya  5 menit tanpa oksigen dapat menyebabkan kerusakan otak .

21

Otak manusia tidak padat:  Lembut dan licin mirip dengan gelatin lunak, dan sangat rapuh. Ketika ahli bedah melakukan  Hemispherectomy (prosedur digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kejang), mereka mengangkat / melumpuhkan separuh otak untuk menghentikan kejang. Yang mengejutkan, tidak ada efek jangka panjang yang signifikan pada kepribadian, ingatan atau humor.

22.

kapasitas penyimpanan otak
Kapasitas penyimpanan otak:  Otak mengandung sekitar 1 miliar neuron dan setiap neuron membentuk sekitar 1.000 koneksi ke neuron lain. Mereka menggabungkan sehingga masing-masing membantu dengan banyak memori pada suatu waktu, secara eksponensial meningkatkan kapasitas penyimpanan memori otak menjadi 2,5 petabyte (tidak tepatnya). Itu berarti otak Anda bisa menyimpan 3 juta jam acara TV. Anda harus membiarkan TV menyala selama lebih dari 300 tahun untuk menggunakan semua penyimpanan itu.

23.

Memori lebih merupakan kegiatan daripada tempat:  Memori tertentu didekonstruksi dan didistribusikan di berbagai bagian otak kita. Ketika Anda mengingatnya, itu akan direkonstruksi dari fragmen individu.

24.

otak
Kekuatan Otak: Otak  manusia menuntut 20% laju metabolisme istirahat ( RMR ) - jumlah total energi yang dikeluarkan tubuh dalam satu hari tanpa aktivitas. Jika tingkat metabolisme istirahat rata-rata adalah 1.300 kalori, maka otak menyerap 260 kalori itu hanya untuk menjaga keadaan.
1.300 kkal lebih dari 24 jam = 54.16 kkal per jam
15,04 kkal per jam = 15,04 gram kalori per detik = 62,93 joule per detik
62,93 joule per detik = 63 watt (rata-rata)
20 persen dari 63 watt = 12,6 watt
Itu artinya, otak Anda menghasilkan sekitar 12 watt listrik. Ini bisa mencapai 25 watt jika otak Anda mengerjakan beberapa jenis tugas yang rumit / kompleks. Ini cukup untuk menyalakan lampu LED watt rendah.

25.

sel-sel otak-mengkanibalkan sendiri
Sel-sel otak mengkanibal diri mereka sendiri:  Ketika Anda tidak makan, neuron pemicu rasa lapar di otak mulai memakan sebagian dari diri mereka sendiri. Tindakan kanibalisme ini menghasilkan sinyal lapar untuk segera makan. Ini menjelaskan mengapa sangat sulit untuk melakukan diet.

26.

penggunaan otak
Kita menggunakan 100% otak kita:  Telah disalahartikan kepada banyak orang, termasuk Albert Einstein bahwa kita hanya menggunakan 10% otak kita. Yang benar adalah, kami menggunakan hampir setiap bagian otak dan sebagian besar bagian tetap aktif sepanjang waktu (termasuk waktu tidur). Sebagian besar sel digunakan untuk mengontrol aktivitas bawah sadar seperti detak jantung, bermimpi, dll.
Juga, tidak ada yang namanya tipe otak kanan atau otak kiri. Kami tidak berotak kanan atau kiri; kita “berotak utuh”.

27.

Alkohol memengaruhi memori : Alkohol terutama mengganggu kemampuan untuk membentuk ingatan baru yang panjang. Karena jumlah alkohol yang dikonsumsi meningkat, demikian juga besarnya gangguan memori. Jika Anda minum dan tidak ingat apa yang terjadi semalam, itu bukan karena Anda lupa. Alkohol dalam tubuh membuat otak Anda tidak mampu membentuk ingatan.

28.

Otak cadangan:  Otak di kepala Anda bukan satu-satunya otak Anda. Ada " otak sekunder " di perut Anda, yang memengaruhi suasana hati Anda, apa yang Anda makan, jenis-jenis penyakit yang Anda dapatkan, serta keputusan yang Anda buat. Ini mengandung 100.000 neuron, dan bakteri usus bertanggung jawab untuk membuat lebih dari 30 neurotransmiter, termasuk serotonin "molekul bahagia".

29.

einstein-otak
Kisah otak Albert Einstein:  Sebelum mati, Einstein telah meminta agar tubuhnya dikremasi sepenuhnya. Tetapi, Thomas Harvey, ahli patologi Universitas Princeton memindahkan otaknya selama autospy dan menyimpannya dalam toples di ruang bawah tanahnya selama 40 tahun. Dia memotong otak menjadi berkeping-keping dan dikirim ke berbagai ilmuwan untuk berbagai penelitian. Pada tahun 1999, mereka menemukan bahwa otak Einstein memiliki lipatan yang tidak biasa pada lobus parietal-nya, bagian otak yang terkait dengan kemampuan matematika dan spasial. Juga, bagian-bagian tertentu dari otaknya memiliki lebih banyak sel glial dalam kaitannya dengan neuron.

30.

Otak tumbuh dengan kecepatan luar biasa selama perkembangan - 250.000 neuron ditambahkan setiap menit. Pada usia 2 tahun, otak adalah sekitar 80% dari ukuran orang dewasa.

31.

Informasi otak bergerak dengan kecepatan yang berbeda dalam berbagai jenis sel saraf. Sinyal-sinyal ini dapat bergerak lambat sekitar 1 mph atau  secepat 268 mph . Selanjutnya, sel-sel saraf dapat mengirimkan 1000 impuls saraf per detik.

32.

superkomputer
Superkomputer ke-4 terkuat di dunia (dikembangkan oleh Jepang) membutuhkan waktu  40 menit untuk mensimulasikan hanya satu detik aktivitas otak manusia . Komputer ini memiliki 705.024 core prosesor dan 1,4 juta GB RAM. Saat ini, tidak ada komputer yang dapat melakukan simulasi aktivitas organ secara real-time, tetapi Intel mengatakan bahwa ia bertujuan untuk memiliki mesin seperti itu yang beroperasi pada tahun 2018.

33.

efek ponsel
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, penggunaan ponsel jangka panjang secara signifikan meningkatkan risiko tumor otak . Namun, keseimbangan bukti penelitian saat ini menunjukkan bahwa paparan terhadap gelombang radio di bawah tingkat yang ditetapkan dalam pedoman internasional tidak menyebabkan masalah kesehatan bagi populasi umum. 

34.

gelombang listrik otak
Otak manusia juga merupakan pemancar radio yang mengirimkan gelombang listrik yang dapat diukur. Bahkan, ia terus mengirimkan sinyal-sinyal ini selama 37 jam setelah kematian.

35.

Meskipun segala jenis rasa sakit diproses di otak Anda, otak Anda  tidak memiliki reseptor rasa sakit  dan tidak merasakan sakit. Itu hanya alat yang kami gunakan untuk mendeteksi rasa sakit. Ini menjelaskan bagaimana operasi otak dapat dilakukan ketika pasien terjaga tanpa rasa tidak nyaman atau sakit.

36.

pikiran-otak
Otak rata-rata menghasilkan  25.000 hingga 50.000 pikiran per hari . Diperkirakan bahwa pada kebanyakan orang 70% dari pikiran ini adalah negatif. Juga, lebih dari 100.000 reaksi kimia berlangsung di otak Anda setiap detik.
Itulah Fakta Aneh dan Menarik Tentang Otak Manusia, semoga bermanfaat. Bila ada yang ingin kamu tanyakan ataupun saran silahkan kirim komentar atau via email.

0 Response to "35+ Fakta Aneh dan Menarik Tentang Otak Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel