25 Penemuan Terbesar dalam Ilmu Komputer dan Sejarahnya

Kata "komputer" pertama kali digunakan pada tahun 1613 untuk menggambarkan manusia yang melakukan perhitungan atau perhitungan. Definisi itu tetap sama sampai akhir abad ke-19, ketika industri teknologi memunculkan mesin-mesin yang tugas utamanya menghitung.
Tidak ada jawaban mudah "kapan komputer pertama kali ditemukan?" Karena banyak klasifikasi komputer yang berbeda. Mesin komputasi mekanis pertama diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822. Namun, itu tidak benar-benar menyerupai apa yang kebanyakan orang anggap komputer saat ini.
Ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang kemajuan pesat perkembangan komputer, ditambah kontribusi banyak ilmuwan yang belum disebutkan dalam buku pelajaran kami. Oleh karena itu, untuk mengisi Anda dengan semua pengetahuan komputer yang diperlukan, kami telah mengumpulkan beberapa penemuan penting dalam ilmu komputer, dari mesin pertama hingga era microchip.

25. Komputer Pertama: "Mesin Perbedaan" - 1821

perbedaan mesinSumber gambar: wikimedia
Charles Babbage (juga dikenal sebagai Bapak Komputer) mulai mengerjakan Difference Engine, yang didasarkan pada prinsip perbedaan yang terbatas. Hanya menggunakan penambahan aritmatika dan menghilangkan kebutuhan untuk perkalian dan pembagian yang lebih sulit untuk diimplementasikan secara mekanis. Itu benar-benar dirancang untuk menghitung dan mentabulasikan fungsi polinom.
Proyek ini ditugaskan oleh pemerintah Inggris, tetapi karena biaya produksinya yang tinggi, pendanaan dihentikan di tengah dan mesin tidak pernah selesai.

24. Komputer Tujuan Umum Pertama: Mesin Analitik - 1834

mesin analitisSumber gambar: wikimedia
Charles Babbage menyusun mesin yang lebih ambisius, mesin komputasi tujuan umum pertama yang dapat diprogram, kemudian disebut Analytical Engine. Ini memiliki banyak fitur penting yang ditemukan di komputer digital modern. Mesin itu dapat diprogram menggunakan kartu berlubang, mesin memiliki "Store" di mana angka dan hasil antara dapat disimpan, dan "Mill" terpisah di mana operasi aritmatika dilakukan.
Mesin itu juga mampu melakukan perkalian dan pembagian langsung, pemrosesan paralel, pemrograman mikro, iterasi, penguncian, percabangan bersyarat, plus-pembentukan, meskipun Babbage tidak pernah menggunakan istilah-istilah ini. Sayangnya, seperti Difference Engine, mesin ini juga tidak selesai.

23. Program Komputer Pertama - 1841

program komputer pertamaSumber gambar: wikimedia
Programmer komputer pertama di dunia Ada Lovelace mulai menerjemahkan catatan Luigi Menabrea (Matematikawan Italia) pada mesin analitik Babbage pada tahun 1841. Dia mengerti bagaimana membuatnya melakukan hal-hal yang dilakukan komputer, dan dia menyarankan input data yang akan memprogram mesin untuk menghitung angka Bernoulli.
Ada adalah seorang visioner - ia tahu bahwa angka dapat digunakan untuk mewakili lebih dari sekadar jumlah. Dia memperkirakan bahwa mesin seperti Analytical Engine dapat digunakan untuk menghasilkan grafik, membuat musik, dan berguna bagi sains.

22. Mesin Tabulasi - 1884

mesin tabulasi
Setelah lulus dari Columbia University School of Mines pada tahun 1879, Herman Hollerith bekerja sama dengan mantan profesornya, William Trowbridge, yang telah menerima komisi sebagai agen khusus untuk sensus 1880.
Selama 10 tahun berikutnya Hollerith mengerjakan gagasannya tentang pukulan mesin dan menghitung kartu. Selama ini, dia sibuk dengan masalah mengotomatisasi pekerjaan tabulasi sensus. Pada tahun 1890, ia telah merancang mesin untuk memulihkan statistik dengan membaca secara elektrik dan menyortir kartu berlubang yang dikodekan secara numerik oleh posisi perforasi.
Mesin itu sukses besar di AS, tetapi menarik lebih banyak perhatian di Eropa, di mana ia banyak diadopsi untuk berbagai keperluan statistik. Hollerith mengorganisir Tabulating Machine Company pada tahun 1896, didirikan di New York, yang kemudian tumbuh menjadi International Business Machines Corporation.

21. Komputer Analog Pertama: Diferensial Analyzer - 1930

penganalisis diferensialKredit gambar: wikimedia
Vannevar Bush, insinyur MIT mengembangkan komputer analog modern pertama. Itu adalah kalkulator analog yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa set persamaan diferensial tertentu, sejenis masalah yang umum dalam aplikasi teknik dan fisika, yang seringkali sangat membosankan untuk dipecahkan. Mesin ini menghasilkan perkiraan, meskipun praktis. solusi.
Variabel diwakili oleh gerakan poros, dan multiplikasi dan penambahan dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai ke dalam satu set roda gigi. Bagian integrasi dilakukan dengan roda bermata pisau berputar pada jari-jari variabel di atas meja bundar. Kemudian integrator mekanik individu saling berhubungan untuk menyelesaikan serangkaian persamaan diferensial.

20. Komputer Programmable Pertama yang Bekerja: Z3 - 1941

komputer z3
Konrad Zuse (penemu dan pelopor komputer) merancang komputer Z pertama yang serius pada tahun 1936. Z1 sepenuhnya mekanis dan hanya bekerja selama beberapa menit paling banyak. Ini bekerja pada operasi Boolean dan sandal jepit berdasarkan tabung vakum. Penggunaan teknologi yang berbeda - relay menyebabkan Z2 dan akhirnya Z3.
Z3 dibangun dengan 2000 relay, menerapkan panjang 22-bit. Data dan kode program yang konstan disimpan pada film berlubang, sehingga tidak perlu dilakukan rewiring untuk mengubah program. Z3 adalah proyek rahasia pemerintah Jerman, yang digunakan oleh The German Aircraft Research Institute untuk melakukan analisis statistik mengepakkan sayap. Mesin asli dihancurkan pada tahun 1943 selama pemboman sekutu Berlin.

19. Komputer Elektronik Pertama: ABC - 1942

abc-c
Atanasoff-Berry Computer (ABC) dirancang dan dibangun oleh John Vincent Atanasoff dan asistennya, Clifford E. Berry. Ini adalah mesin pertama yang menggunakan kapasitor untuk penyimpanan, seperti pada RAM saat ini, dan mampu melakukan 30 operasi secara bersamaan.
ABC dirancang untuk memecahkan sistem persamaan linear dan mampu memecahkan sistem dengan hingga 29 yang tidak diketahui. Komputer itu tidak dapat diprogram, namun, ia memelopori beberapa elemen penting dari komputasi modern, termasuk aritmatika biner dan elemen switching elektronik.

18. Komputer Programmable Pertama: Colossus - 1943

patung raksasa
Colossus adalah komputer diprogram elektronik pertama di dunia yang dibuat oleh Tommy Flowers. Itu digunakan oleh Inggris untuk membaca pesan-pesan rahasia Jerman (dienkripsi oleh sandi Lorenz) selama Perang Dunia II. Colossus tidak seharusnya mendekripsi semua pesan. Itu hanya menemukan pengaturan dekat untuk mesin Lorenz. Idenya adalah bahwa frekuensi huruf dan angka dalam pesan Jerman akan memberikan awal untuk menerjemahkan pesan itu sendiri.
Sampai tahun 1970-an komputer ini sangat rahasia. Setelah perang semua Colossus pecah menjadi potongan-potongan dan desain hancur. Tidak ada yang tahu orang pertama yang membuat Colossus. Kemudian prototipe yang berfungsi dibuat pada 2007.

17. Jaringan Komputer Pertama - 1940

jaringan komputer
Antara 1940 dan 1946 George Stibitz dan timnya mengembangkan serangkaian mesin dengan teknologi telepon - menggunakan relay elektromekanis. Mesin ini melayani lebih dari satu pengguna. Segera mereka menjadi usang karena mereka didasarkan pada relay mekanik yang lambat daripada switch elektronik.
Saat ini, basis dominan dari komunikasi data adalah Packet Switching: ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) adalah jaringan packet switching awal dan jaringan pertama yang mengimplementasikan paket protokol TCP / IP (pada 1982). Keduanya menjadi fondasi teknis Internet.

16. Trackball Pertama - 1941/1952

trackball
Perangkat runcing terkait yang disebut trackball ditemukan pada tahun 1941 oleh Ralph Benjamin untuk sistem perencanaan radar kendali api bernama Comprehensive Display System (CDS). Proyek Benjamin sebelumnya menggunakan komputer analog untuk mengukur posisi pesawat target di masa depan berdasarkan berbagai titik input yang dimasukkan oleh pengguna dengan joystick. Dia menyadari bahwa perangkat input yang lebih efisien diperlukan dan menemukan apa yang mereka sebut bola rol untuk tujuan ini. Perangkat baru ini memiliki bola untuk mengontrol koordinat XY dari kursor di layar. Itu dipatenkan pada tahun 1947 dan disimpan sebagai rahasia militer.
Trackball awal lainnya, DATAR dibangun pada tahun 1952 oleh insinyur listrik Inggris Kenyon Taylor bersama dengan rekan kerjanya Fred Longstaff dan Tom Cranston. Konsepnya mirip dengan perangkat Benjamin. Trackball menggunakan 4 disk untuk mengambil gerakan, masing-masing 2 untuk koordinat X dan Y. Komputer digital menghitung trek, dan mentransfer data yang dihasilkan ke kapal lain dalam satuan tugas menggunakan sinyal radio modulasi kode pulsa. Desainnya tidak dipatenkan, karena itu adalah proyek militer rahasia juga.

15. Komputer Elektronik Yang Dapat Diprogram untuk Tujuan Umum Pertama: ENIAC - 1946

eniac
Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) adalah mesin digital Turing-complete, yang dapat memecahkan berbagai masalah numerik melalui pemrograman ulang. Itu terutama digunakan untuk menghitung tabel penembakan artileri, dan membantu dengan perhitungan untuk kelayakan senjata termonuklir.
Pada akhir operasinya (1955), ENIAC berisi 7200 kristal dioda, 17468 tabung vakum, 10000 kapasitor, 70.000 resistor, dan lebih dari 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Ukurannya kira-kira 8 x 3 x 100 kaki, berbobot 30 ton, dan mengonsumsi listrik 150 kW. Ini digunakan pembaca kartu untuk input dan pukulan kartu untuk output.Komputer memiliki kecepatan sekitar seribu kali lebih cepat daripada mesin elektro-mekanis.

14. Bahasa Lengkap Tingkat Tinggi Pertama: Plankalkül - 1948

plankalkul
Ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse, pencipta komputer relay pertama, mulai bekerja pada bahasa pemrograman tingkat tinggi pada tahun 1941. Ia mengembangkan gagasan tentang bagaimana mesinnya (komputer Z4) dapat diprogram dengan cara yang kuat.
Plankalkül adalah bahasa pemrograman imperatif tingkat tinggi yang diketik dengan berbagai fitur seperti fungsi non-rekursif, variabel lokal, operasi penugasan, pernyataan bersyarat, konstruksi WHILE untuk iterasi, operasi logis, tipe data fundamental dan banyak lagi. Plankalkül akhirnya diterbitkan secara komprehensif dalam makalah 1972, sedangkan kompiler pertama untuk itu dibangun pada akhir tahun 1998.

13. Program Komputer Digital Elektronik Yang Disimpan Pertama: SSEM -1948

ssem
SSEM (Manchester Small-Scale Experimental Machine), dijuluki Baby, menjalankan program pertamanya pada 21 Juni 1948. Program ini ditulis oleh Tom Kilburn, yang benar-benar membuat komputer ini, dan dirancang oleh mentornya Frederic Williams. Itu adalah mesin yang berfungsi pertama yang berisi semua modul penting untuk komputer modern.
SSEM berisi panjang kata 32-bit, kode urutan format alamat tunggal, memori 32 kata, dan kecepatan komputasi sekitar 1,2 milidetik per instruksi. Bit disimpan dalam bentuk muatan pada CRT fosfor yang dapat dikontrol oleh berkas elektron untuk menulis 1 atau o. Semua operasi aritmatika diimplementasikan dalam perangkat lunak kecuali pengurangan dan negasi.

12. Assembler Pertama: Pesanan Awal - 1949

pesanan awal
Assembler interprets software programs written in assembly language into machine code and instructions that could be executed by computer. The first assembler was designed for EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator).
Initial orders (written by David Wheeler) had 31 instructions, which were hard wired on uniselectors, a mechanical read-only memory. The second version of initial orders occupied the full 41 words of read-only memory and included facilities for relocation (or coordination) to facilitate the use of subroutines.

11. First Personal Computer: Simon – 1950

simon
Edmund Berkeley's Simon adalah komputer berbasis relay, yang dirancang untuk tujuan pendidikan untuk menunjukkan konsep komputer digital. Pengguna memasukkan data melalui kertas yang dilubangi, atau dengan lima tombol pada panel depan, dan program dijalankan dari pita kertas standar. ALU dan register hanya menyimpan 2 bit dan itulah alasannya tidak dapat digunakan untuk perhitungan praktis yang signifikan.
Seiring dengan entri data, pita berlubang disajikan untuk penyimpanan memori. Simon menjalankan instruksi secara berurutan, saat itu membacanya dari rekaman itu. Itu bisa melakukan 4 operasi: penambahan, negasi, lebih besar dari, dan seleksi. Output disediakan oleh lima lampu.

10. Komputer Layar Grafik Real-Time Pertama: AN / FSQ-7 - 1951

an-fsq-7
AN / FSQ-7, yang dikembangkan oleh IBM, sejauh ini merupakan komputer terbesar yang pernah dibuat. Terdiri dari 2 komputer Whirlwind II yang dipasang di gedung 4 lantai. Itu adalah sistem kontrol dan perintah yang digunakan dalam jaringan pertahanan udara Semi-Automatic Ground Environment (SAGE) USAF. Ini menghitung satu atau lebih prediksi titik intersepsi untuk menugaskan pesawat terbang atau rudal CIM-10 Bomarc untuk mencegat penyusup menggunakan algoritma ATABE (Target Otomatis dan Evaluasi Baterai).
AN / FSQ-7 memiliki lebih dari 60.000 tabung vakum, menggunakan hingga 3 megawatt listrik, melakukan 75.000 instruksi per detik untuk membangun jaringan radar regional. Setiap AN / FSQ mendukung lebih dari 100 pengguna. IBM digunakan untuk menjaga satu unit beroperasi dan satu pada siaga panas (untuk memungkinkan peralihan ketika tabung vakum gagal), yang menghasilkan uptime yang lebih baik dari 99%.

9. Kompiler Pertama untuk Komputer Elektronik: Sistem A-0 - 1951

a-0-system-compiler
Kompiler adalah program khusus yang mengubah bahasa tingkat tinggi menjadi kode mesin. Grace Hopper menulis versi bahasa aritmatika 0 (atau sistem A-0) untuk UNIVAC I, yang bertujuan untuk mengubah urutan subrutin dan argumen menjadi kode mesin.
Subrutin diidentifikasi melalui kode numerik dan argumen diintegrasikan langsung setelah setiap kode subrutin. A-0 mengubah spesifikasi ini menjadi bahasa mesin yang dapat dimasukkan ke komputer untuk kedua kalinya untuk menjalankan program tersebut.

8. Perangkat Lunak Open Source Pertama: Sistem A-2 - 1953

a-2-sistemGrace Murray Hopper di keyboard UNIVAC
Sistem A-0 kemudian berkembang menjadi A-2, dirilis sebagai ARITH-MATIC. Ini dikembangkan di divisi UNIVAC dari Remington Rand dan dirilis ke pelanggan pada akhir tahun 1953. Pengguna diberi kode sumber untuk A-2 dan diundang untuk mengirim perangkat tambahan mereka kembali ke UNIVAC.

7. Autocode Pertama: Glennie's Autocode - 1952

glennies-autocode
Pada 1960-an, istilah autocode digunakan secara lebih umum untuk merujuk ke bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan kompiler. Alick Glennie mengembangkan autocode pertama untuk komputer Mark 1 di University of Manchester. Ini dianggap sebagai bahasa pemrograman terkompilasi pertama.
Tongkat utama Glennie adalah membuat kode muskil mesin Mark 1 dapat dipahami. Meskipun bahasa yang dihasilkan lebih terorganisir dan lebih jelas daripada kode mesin, itu masih sangat tergantung pada mesin.
Autocode kedua untuk Mark 1 dikembangkan oleh RA Brooker pada tahun 1955. Berbeda dengan yang pertama, ia hampir bebas mesin dan memiliki aritmatika titik apung. Namun, itu hanya memungkinkan satu operasi per baris, dan tidak memiliki cara untuk mendefinisikan subrutin pengguna.

6. Bahasa Tingkat Tinggi Populer Pertama: FORTRAN - 1957

program komputer pertamaKode FORTRAN pada kartu yang dilubangi
FORTRAN (FORmula TRANslator) diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh John Backus di IBM. Itu mendominasi bidang pemrograman sejak awal dan telah digunakan selama lebih dari setengah abad di bidang ilmiah dan teknik seperti dinamika fluida komputasi, analisis elemen hingga, kimia komputasi dan fisika komputasi.
Tujuan selama desain Fortran adalah untuk menciptakan bahasa yang dengan mudah dipelajari, mesin independen, cocok untuk berbagai aplikasi, dan akan memungkinkan ekspresi matematika yang kompleks dinyatakan sama dengan notasi aljabar biasa. Karena lebih mudah untuk kode, programmer dapat menulis kode 5 kali lebih cepat dari sebelumnya, sementara efisiensi eksekusi hanya berkurang 20%.

5. Mouse Komputer Pertama - 1964

pertama-komputer-mouse
Mouse komputer seperti yang kita kenal saat ini ditemukan oleh Douglas Engelbart dengan bantuan Bill English, dan dipatenkan pada 17 November 1970. Itu hanyalah bagian kecil dari proyek yang jauh lebih besar, yang bertujuan untuk menambah kecerdasan manusia. Engelbart memerlukan kemampuan untuk berinteraksi dengan tampilan informasi menggunakan semacam mesin untuk memindahkan kursor di layar. Sudah ada perangkat yang berbeda yang digunakan, termasuk pena cahaya dan joystick. Namun dia mencari perangkat yang paling efisien.
Prototipe pertama mouse dibuat untuk digunakan dengan antarmuka pengguna grafis (GUI), windows. Itu disebut sebagai "Indikator Posisi XY untuk Sistem Display" dan pertama kali digunakan dengan sistem komputer Xerox Alto pada tahun 1973.
Sangat aneh bahwa penemu salah satu perangkat antarmuka komputer paling populer tidak menerima royalti untuk penemuan mouse-nya. Dia mendapatkan paten sebagai pemberi tugas SRI, dan SRI melisensikannya kepada Apple dengan harga sekitar $ 40.000, yang konyol. Douglas tidak menerima apa pun!

4. Layar Sentuh Pertama - 1965

layar sentuh pertama
EA Johnson menggambarkan karyanya pada layar sentuh kapasitif (tanpa sensitivitas tekanan) dalam sebuah artikel - "Layar sentuh - perangkat input / output baru untuk komputer". Dalam artikel itu ada diagram yang menggambarkan konsep layar sentuh yang masih digunakan sampai sekarang.
Beberapa tahun kemudian, Johnson merinci konsep lebih jauh dengan foto dan diagram lebih banyak di "Layar Sentuh: Antarmuka Mesin-Manusia yang Diprogram", yang diterbitkan dalam jurnal Ergonomi pada tahun 1967. Ide ini diadopsi untuk digunakan oleh pengontrol lalu lintas udara di Inggris hingga 1990-an. Selanjutnya, layar sentuh resistif pertama dikembangkan oleh George Samuel Hurst (inovator Amerika), yang mendapatkan paten AS # 3911215 pada tahun 1975.

3. Komputer Pribadi Komersial Pertama: Programma 101 - 1965

programma-101
Programma 101 dapat melakukan empat fungsi aritmatika dasar (penjumlahan, pengurangan, pembagian multiplikasi), menghitung nilai absolut, akar kuadrat dan bagian fraksional. Terdiri dari register memori, dan menampilkan 16 instruksi lompatan bersyarat, bahasa pemrograman alfanumerik, dan memori internal. Kartu magnetik dan rutinitas dapat digunakan tanpa pengetahuan pemrograman. Mesin mencetak program dan hasilnya pada gulungan pita kertas, mirip dengan kertas kasir dan kalkulator.
Komputer sebelumnya mahal dan hanya bisa digunakan oleh para ahli. Namun, P101 ekonomis dan juga mudah. Itu dihargai $ 32.000 dan berhasil menjual lebih dari 44.000 unit.

2. Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek Pertama: Simula - 1967

simula
Simula dikembangkan oleh Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard di Norwegian Computing Center. Ini mempertahankan semangat bahasa pemrograman ALGOL 60. Simula adalah nama dari dua bahasa simulasi - Simula I dan Simula 67.
Simula 67 memperkenalkan objek, kelas, subkelas, warisan, prosedur virtual, coroutine, dan fitur pengumpulan sampah. Itu telah digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pemodelan proses, algoritma, desain VLSI dan grafik komputer. Konsep Simula 67 diimplementasikan kembali dalam C ++, C #, pascal, Java dan banyak lagi.

1. Mikroprosesor Pertama: Intel 4004 - 1971

intel-4004
Desain chip dimulai pada April 1970, dan selesai di bawah kepemimpinan Federico Faggin pada Januari 1971. Lebih kecil dari thumbnail manusia, register 4-bit dengan kecepatan clock 740 kHz, memiliki 2.300 transistor dengan jarak 10 mikron , mampu melakukan 60.000 operasi per detik, dan biaya $ 200, sementara memiliki daya komputasi sebanyak komputer ENIAC. Kalkulator Busicom 141-PF adalah produk komersial pertama yang menggunakan mikroprosesor.
Intel 4004 menggunakan program terpisah dan penyimpanan data (bertentangan dengan desain arsitektur Harvard), bus 4-bit multipleks tunggal untuk mentransfer alamat 12-bit, instruksi 8-bit, dan kata-kata data 4-bit. Hal ini dapat langsung menangani 5120 bit RAM, 32768 bit ROM dan mendukung stack subrutin internal 3 level.
Baca juga: 20 Pemrogram Komputer Terbesar Sepanjang Masa
Itulah 25 Penemuan Terbesar dalam Ilmu Komputer dan Sejarahnya, semoga bermanfaat.  Bila ada yang ingin kamu tanyakan ataupun saran silahkan kirim komentar atau via email.

0 Response to "25 Penemuan Terbesar dalam Ilmu Komputer dan Sejarahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel