20 Pemrogram Komputer Terbesar Sepanjang Masa

Komputer adalah mesin yang sangat kompleks, namun orang mengoperasikannya tanpa keterampilan teknis. Mereka hanya berinteraksi dengan antarmuka grafis dan semua proses latar belakang biasanya disembunyikan. Nah, setiap elemen yang Anda lihat di desktop Anda dibuat oleh beberapa pengembang jenius. Dan, hari ini kami menyoroti pikiran-pikiran cemerlang dari seluruh dunia.

Saat ini, pemrogram komputer adalah bintang rock baru. Mereka mengubah dunia dengan setiap baris kode sukses yang baru ditulis.Beberapa coders kelas dunia telah memengaruhi orang untuk menjadi programmer yang lebih baik . Lihat daftar dan jika Anda seorang programmer maka beri tahu kami siapa yang menjadi inspirasi Anda. 

20. David Patterson

David PattersonKredit gambar: wikimedia
Siapa dia:  David Patterson adalah ilmuwan komputer dan profesor di University of California, Berkeley.
Apa yang telah dilakukannya: Patterson dikenal karena kontribusinya pada desain prosesor RISC (Reduced Instruction Set Computer) dan untuk penelitiannya tentang RAID (Redundant Array of Independent Disks) dan SEKARANG (Jaringan Workstation). 
Prestasi:  Ia menerima Penghargaan Eckert-Mauchly, Karl Karlstrom Outstanding Educator dan ACM Distinguished Service Award.

19. John Carmack

John CarmackKredit gambar: wikimedia
Siapa dia:  John Carmack adalah seorang programmer game dan co-founder dan mantan direktur teknis dari Id Software. 
Apa yang telah dia lakukan: Dia adalah programmer utama dari Id video game Doom, Rage, Commander Keen dan sekuel mereka. Ia terkenal karena inovasi dalam grafis 3d, terutama untuk algoritma Reverse untuk volume bayangan. Carmack mempopulerkan penggunaan beberapa teknik dalam grafik komputer seperti refresh ubin adaptif, partisi ruang biner, raycasting, caching permukaan dan teknologi MegaTexture .   
Prestasi: Ia dihormati oleh Akademi Nasional Seni & Sains Televisi (dua kali), Penghargaan Emmy Teknologi & Rekayasa dan Penghargaan Prestasi Game Developers Conference untuk karyanya yang merintis. 

18. Donald Ervin Knuth

Donald Ervin KnuthKredit gambar: wikimedia
Siapa dia:  Donald Knuth adalah ahli matematika, ilmuwan komputer penulis The Art of Computer Programming. Dia telah disebut sebagai bapak analisis algoritma.
Apa yang telah dia lakukan:  Donald Knuth bekerja pada pengembangan analisis kompleksitas komputasi algoritma dan teknik matematika formal untuk itu. Dia mempopulerkan istilah  notasi asimptotik . Dia menciptakan sistem pengaturan huruf komputer TeX, sistem pemrograman komputer WEB dan CWEB untuk mendorong pemrograman melek huruf.
Prestasi:  Turing Award, Grace Murray Hopper Award, Medali Sains Nasional, Faraday Medal, Kyoto Prize dan John von Neumann Medal.

17. Guido van Rossum

Guido van RossumSumber gambar: Flickr
Siapa dia:  Guido van Rossum adalah seorang programmer komputer, yang dikenal sebagai penulis bahasa pemrograman Python.
Apa yang telah ia lakukan: Pada hari-hari awal, ia menulis sebuah glob () rutin untuk BSD Unix dan bekerja pada bahasa pemrograman ABC. Dia mengembangkan Python sambil bekerja untuk Google terus mengawasi proses pengembangan Python, membuat keputusan penting jika diperlukan. 
Prestasi: Rossum menerima Penghargaan NLUUG, Penghargaan 2001 untuk Kemajuan Perangkat Lunak Bebas untuk karyanya tentang Python. 

16. James Arthur Gosling

James Arthur GoslingSumber gambar: wikimedia
Siapa dia:  James Gosling adalah ilmuwan komputer Kanada, yang dikenal sebagai bapak bahasa pemrograman Java.
Apa yang telah ia lakukan: James mengembangkan versi multi-prosesor Unix, beberapa kompiler dan sistem surat sebelum bergabung dengan Sun Microsystems. Dia menemukan bahasa pemrograman Java dan mengimplementasikan compiler asli Java dan mesin virtual pada tahun 1994. Dia juga membuat kontribusi ke beberapa sistem perangkat lunak lain termasuk Gosling Emacs dan NeWS. 
Prestasi Besar: Gosling dianugerahi The Economist Innovation Award, IEEE John von Neumann Medal dan dia diangkat menjadi Petugas Ordo Kanada pada 2007. 

15. Niklaus Wirth

Niklaus WirthKredit gambar: ethz
Siapa dia:  Niklaus Wirth adalah seorang ilmuwan komputer Swiss yang menjadi anggota Museum Sejarah Komputer untuk pekerjaan yang berpengaruh dalam algoritma dan bahasa pemrograman.
Apa yang telah dia lakukan: Wirth dikenal karena mengembangkan banyak bahasa pemrograman termasuk Pascal, Modula, dan untuk menetapkan beberapa topik klasik di bidang rekayasa perangkat lunak. Dia adalah desainer kepala Algol W, Euler, Modula, Modula-2, Pascal, Oberon, Oberon-2 dan Oberon-7. Dia juga bekerja pada desain perangkat keras digital dan sistem simulasi Lola. 
Prestasi: Dia merasa terhormat dengan Turing Award, SIGPLAN Programming Languages ​​Achievement Award dan Marcel Benoist Prize. 

14. Alan Curtis Kay

Alan Curtis KaySumber gambar: wikimedia
Siapa dia:  Alan Curtis Kay adalah seorang ilmuwan komputer yang telah terpilih sebagai Anggota Akademi Teknik Nasional, Akademi Seni dan Sains Amerika, dan Royal Society of Arts.
Apa yang telah ia lakukan: Alan terkenal karena karya perintis awalnya pada pemrograman berorientasi objek dan desain windowing Graphical User Interface (GUI). Brian juga merupakan coiner fase: Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya . 
Prestasi Besar: Alan menerima ACM Turing Award untuk karyanya pada pemrograman berorientasi objek, UPE Abacus Award dan UdK 01-Award untuk memelopori GUI. 

13. John McCarthy

John McCarthySumber gambar: wikimedia
Siapa dia:  John McCarthy adalah ilmuwan kognitif dan ilmuwan komputer, yang menciptakan istilah  Kecerdasan Buatan. 
Apa yang telah dia lakukan: John mengembangkan keluarga bahasa pemrograman Lisp, mempopulerkan timesharing dan bekerja pada desain bahasa pemrograman ALGOL. Dia sangat berpengaruh dalam pengembangan awal Intelegensi Buatan. Dia menemukan metode Pengumpulan Sampah untuk memecahkan masalah Lisp, yang kemudian menjadi bahasa pemrograman pilihan untuk aplikasi AI. 
Prestasi Utama: Dia merasa terhormat dengan Turing Award, Kyoto Kyoto Prize, National Medal of Science, Computer Pioneer Award dan IJCAI Award for Research Excellence. 

12. Thomas Eugene Kurtz

Thomas Eugene KurtzSumber gambar: wikimedia
Siapa dia: Thomas Kurtz adalah ilmuwan komputer dan pensiunan profesor Dartmouth yang menerapkan konsep Time sharing. 
Apa yang telah dia lakukan: Dia mengembangkan bahasa pemrograman BASIC untuk memungkinkan pengguna non-ahli berinteraksi dengan komputer. Dia dan John Kemeny mendirikan perusahaan bernama True BASIC, Inc untuk memasarkan True BASIC, yang merupakan versi terbaru dari bahasa tersebut. Bahasa pemrograman ini menjadi tersebar luas di komputer mikro, yang memungkinkan pengembang kecil dan pemilik bisnis untuk mengembangkan perangkat lunak khusus di komputer, semua dengan mereka sendiri. 
Prestasi Besar: Kurtz mendapat kehormatan dengan AFIPS Pioneer Award dan IEEE Computer Science Pioneer Award. 

11. John George Kemeny

John George KemenySumber gambar: wikimedia
Siapa dia: John Kemeny adalah ilmuwan komputer, matematikawan, dan pendidik yang terkenal karena mengembangkan bahasa pemrograman BASIC bersama Thomas Kurtz. 
Apa yang telah dia lakukan: Kemeny memelopori penggunaan komputer untuk orang biasa. Dia menemukan bahasa pemrograman BASIC (All-purpose Symbolic Instruction Code) pada tahun 1964, setelah percobaan dengan LGP-30. Dia juga mengembangkan DTSS (Dartmouth Time-Sharing System) yang merupakan salah satu sistem pembagian waktu pertama di dunia. 
Prestasi Besar: Dia menerima Computer Pioneer Award pada tahun 1985. 

10. Grace Hopper

Grace HopperKredit gambar: wikimedia
Siapa dia: Grace Hopper adalah laksamana belakang Angkatan Laut AS dan seorang ilmuwan komputer. Dia adalah salah satu programmer pertama dari komputer Harvard Mark I. 
Apa yang telah dia lakukan: Hopper menciptakan kompiler pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Dia mempopulerkan metodologi bahasa pemrograman independen mesin, yang mengarah pada pengembangan COBOL. Dia juga dipuji karena mempopulerkan istilah debugging untuk memperbaiki gangguan mesin.   
Prestasi Utama: Dia adalah wanita pertama di dunia yang mendapatkan namanya di Distinguished Fellow dari British Computer Society, Doktor Ilmu Kehormatan dari Marquette University dan National Medal of Technology (1991). 

9. John Backus

john backus
Siapa dia: John Backus adalah seorang ilmuwan komputer, paling dikenal sebagai pengembang FORTRAN. Dia menerima gelar MS dalam matematika pada tahun 1950, dari Colombia University. 
Apa yang telah dia lakukan:  Backus mengarahkan tim yang menemukan FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yang banyak digunakan. Dia menemukan BNF (bentuk Backus-Naur), sebuah notasi untuk mendefinisikan sintaksis bahasa formal. Ia juga mempopulerkan istilah bahasa pemrograman fungsional  
Prestasi Utama:  Backus menerima WW McDowell Award, National Medal of Science, ACM Turing Award, Draper Prize dan bernama IBM Fellow.

8. Bill Gates

Bill Gates
Siapa dia: Pria yang tidak membutuhkan pengantar. Bagaimana saya bisa meninggalkan programmer terkaya di dunia yang perangkat lunaknya digunakan oleh seluruh dunia.
Apa yang telah dia lakukan: Selama 5 tahun pertama di Microsoft, Gates secara pribadi mengawasi setiap baris kode yang dikirimkan perusahaan, sering kali memperbaiki yang dia anggap bermasalah atau salah. Pada hari-hari awal, ia dan Paul Allen menulis juru bahasa BASIC penuh dalam bahasa rakitan untuk komputer yang bahkan tidak memiliki akses, yang hanya memiliki memori 4k byte.Mereka menulisnya di PDP-10 yang berjalan pada emulator Intel 8080. 
Prestasi Besar: Dia merasa terhormat dengan Medali Nasional Teknologi dan Inovasi, Anggota yang Terhormat dari British Computer Society dan Bower Award untuk Kepemimpinan Bisnis. 

7. Brian Kernighan

Brian KernighanKredit gambar: wikimedia
Siapa dia:  Brian Kernighan adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja di Bell Labs. Di awal karir, ia adalah editor perangkat lunak untuk Prentice Hall International.
Apa yang telah dia lakukan: Dia mengembangkan OS Unix bersama Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Dia menulis banyak program Unix termasuk cron dan ditroff untuk Versi 7. Kernighan adalah rekan penulis bahasa pemrograman AMPL dan AWK. Dia juga menemukan heuristik dari masalah salesman keliling dan partisi grafik (keduanya adalah masalah lengkap NP). Brian juga merupakan coiner dari ekspresi terkenal "What You See Is All You Get" (WYSIAYG). 
Prestasi Besar: Dia memenangkan INFORMS Computing Society Prize pada tahun 1993, dan menerima banyak Penghargaan Guru sepanjang karirnya. 

6. Ken Thompson

Ken ThompsonKredit gambar: wikimedia
Siapa dia:  Ken Thompson adalah pelopor ilmu komputer dan komunitas peretas. Ia terkenal karena merancang dan mengimplementasikan sistem operasi Unix.
Apa yang telah ia lakukan: Thompson mengembangkan OS Unix asli bersama Ritchie. Dia menemukan bahasa pemrograman B dan merupakan salah satu pengembang awal sistem operasi Plan 9. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Go saat bekerja untuk Google.Selain itu, Thompson bekerja pada pengkodean UTF-8, tabulasi endgame dan ekspresi reguler 
Prestasi Besar: Dia merasa terhormat dengan Turing Award, Hadiah Jepang, IEEE Emanuel R. Piore Award, Computer Pioneer Award dan National Medal of Technology.  

5. Tim Berners-Lee

Tim Berners-LeeKredit gambar: wikimedia
Siapa dia:  Tim Berners-Lee adalah seorang ilmuwan komputer, paling dikenal sebagai penemu World Wide Web. Dia adalah direktur W3C, Web Science Research Initiative dan seorang peneliti senior dan pemegang Founders Chair (MIT).
Apa yang telah ia lakukan: Pada tahun 1989, Tim membuat proposal untuk sistem manajemen informasi dan ia berhasil mengimplementasikan komunikasi antara klien HTTP dan server melalui internet. Dia juga tokoh kunci di balik data.gov.uk, proyek pemerintah Inggris untuk membuka semua data yang diperoleh untuk pekerjaan resmi untuk digunakan kembali secara gratis. 
Prestasi Besar: Tim dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II untuk karyanya yang luar biasa, dihormati dengan Penghargaan Sistem Perangkat Lunak, Pride of Britain dan Young Inovator of the Year (1995). 

4. Bjarne Stroustrup

Bjarne StroustrupKredit gambar: wikimedia
Siapa dia:  Bjarne Stroustrup adalah seorang ilmuwan komputer, profesor riset, bekerja di Morgan Stanley. Dia adalah kepala departemen penelitian pemrograman skala besar Bell Labs.
Apa yang telah ia lakukan:  Bjarne Stroustrup bekerja bersama Dennis Ritchie mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1978, ia mulai mengembangkan bahasa C ++ (kemudian disebut C with Classes). Dia menulis definisi, menghasilkan implementasi pertama dan merancang semua fasilitas utamanya. Stroustrup juga menulis buku teks untuk bahasa yang ia kembangkan, bahasa pemrograman C ++.
Prestasi Besar: Dia dianugerahi Penghargaan William Procter untuk Prestasi Ilmiah, Grace Murray Hopper Award dan dia dibuat sesama Museum Sejarah Komputer untuk penemuan C ++-nya. 

3. Linus Torvalds

Linus TorvaldsKredit gambar: wikimedia
Siapa dia: Linus Torvalds adalah insinyur perangkat lunak, koordinator proyek, dan peretas. Dia adalah orang di balik sistem operasi Linux. 
Apa yang telah dia lakukan:  Dia telah menulis kode kernel Linux (sekitar 2%) dan sistem kontrol revisi Git. Banyak OS populer termasuk Ubuntu, Fedora dan Android berbasis Linux. Torvalds memegang merek dagang "Linux" dan memantau penggunaannya.
Prestasi Besar: Dia merasa terhormat dengan Hadiah Teknologi Milenium, bersama dengan Shinya Yamanaka karena menciptakan sistem operasi open source. Dia juga menerima EFF Pioneer Award, Lovelace Medal dari British Computer Society dan Vollum Award dari Reed College. 

2. Dennis Ritchie

Dennis Ritchie
Siapa dia:  Dennis Ritchie adalah seorang ilmuwan komputer revolusioner yang memainkan peran penting dalam mengembangkan bahasa pemrograman "C" dan sistem operasi Unix. Dia dipekerjakan oleh Lucent Technologies & Bell Labs dan membela tesis PhD-nya tentang ' Struktur Program dan Kompleksitas Komputasi '. Namun, ia tidak pernah secara resmi menerima gelar PhD.
Apa yang telah dia lakukan: Dia mengembangkan bahasa pemrograman "C" yang menjadi basis banyak bahasa mesin dan teknologi saat ini, termasuk PS4 / Xbox Anda. Ritchie menciptakan sistem operasi multiuser yang disebut Unix. Ia juga dikenal karena mengembangkan ALTRAN, B, BCPL dan Multics. 
Prestasi Besar:  Ritchie mendapat penghargaan Turing Award, Medali Hamming dari IEEE, Computer Pioneer Award, Computer History Museum Fellow dan Harold Pender Award.

1. Alan Mathison Turing

Alan Mathison TuringKredit gambar: wikimedia
Siapa dia: Alan Turing adalah seorang ilmuwan komputer, ahli matematika, cryptanalyst dan ahli logika. Dia disebut sebagai bapak ilmu komputer teoretis dan kecerdasan buatan. 
Apa yang telah ia lakukan: Selama Perang Dunia II, ia merancang berbagai teknik untuk memecahkan sandi Jerman. Turing membangun mesin elektromekanis yang dapat menemukan pengaturan mesin Enigma. Dia memformalkan konsep komputasi dan algoritma dengan mesin Turing, sebuah mesin yang dapat diadaptasi untuk mensimulasikan logika dari algoritma apa pun. 
Prestasi Besar: Dia merasa terhormat dengan Hadiah Smith, Petugas dari Ordo Kerajaan Inggris dan Fellow dari Royal Society.Sejak 1966, Penghargaan Turing telah diberikan setiap tahun oleh Asosiasi Mesin Komputasi untuk kontribusi pada komunitas komputasi. 

Pembaruan - Programmer Lainnya

John von Neumann: adalah ahli matematika, fisikawan, penemu dan programmer. Dia membuat kontribusi besar dalam pemrograman linier, komputasi stokastik dan mesin replikasi diri. Neumann juga memainkan peran penting dalam pengembangan teori permainan, konsep automata seluler dan konstruktor universal.
Steve Wozniak: komputer Apple-I dan Apple-II yang dirancang sendiri di akhir tahun 1970-an dan kedua mesin ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap revolusi komputer mikro.
Fabrice Bellard: paling dikenal sebagai pencipta proyek perangkat lunak QEMU dan FFmpeg. Dia mengembangkan sejumlah program lain, termasuk kompiler C kecil (ukuran 3kB).
Itulah 20 Pemrogram Komputer Terbesar Sepanjang Masa, semoga bermanfaat.  Bila ada yang ingin kamu tanyakan ataupun saran silahkan kirim komentar atau via email.

0 Response to "20 Pemrogram Komputer Terbesar Sepanjang Masa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel