11 Wanita Yang Merevolusi Dunia Internet

Evolusi internet dimulai dengan perkembangan komputer elektronik pada 1950-an. Internet membantu orang terhubung satu sama lain. Sejak perkembangan internet, banyak orang menyumbangkan pekerjaan mereka dan merevolusi teknologi yang digunakan di internet. Ada banyak wanita dalam daftar bersama dengan pria.Wanita-wanita ini tidak pernah dikenal karena upaya mereka tidak seperti pria.

Beberapa wanita terdaftar sebagai wanita luar biasa yang memainkan peran penting dalam evolusi teknologi. 
Daftar berikut menampilkan  11 wanita yang merevolusi internet  dan cara kita menggunakannya saat ini. Daftar ini hanyalah upaya untuk memotivasi lebih banyak wanita dan menyebarkan kesadaran untuk berkontribusi di dunia internet.

11. Leah Culver

Leah CulverSumber Gambar: Wikimedia
Leah Culver adalah seorang programmer, lulus dari University of Minnesota pada tahun 2006. Dia memperoleh popularitas setelah meluncurkan situs web micro-blogging, Pownce, yang ditutup pada tahun 2008. Dia adalah pengembang utama tim Pownce dan mengembangkan seluruh situs menggunakan pemrograman Python bahasa. Dia berada di belakang fitur Facebook dan Twitter untuk berbagi dan menyerang file, tautan, video dan foto di platform jejaring sosial mereka. Pada 2008, Fast Company Magazine menamainya sebagai salah satu wanita paling berpengaruh dalam teknologi web.

10. Marissa Mayer

Marissa MayerSumber Gambar:  Twitter
Marissa Mayer saat ini adalah presiden dan CEO Yahoo! Setelah lulus pada tahun 1999, ia bergabung dengan Google dan menjadi insinyur wanita pertama di tim Google . Selama dua belas tahun berkarir di Google, ia memiliki peran kunci dalam pencarian Google, gambar, berita, peta, toko buku, toolbar, iGoogle dan Gmail. Dalam dua tahun terakhir di Google, dia mengepalai layanan peta lokal. The Fortune Magazine menempatkannya di antara salah satu wanita bisnis paling kuat di Amerika pada tahun 2013. Pada 2014, ia juga terdaftar sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

9. Lisa Stone

Lisa StoneSumber Gambar: Perusahaan  Cepat
Lisa Stone mendirikan BlogHer.com , komunitas blogger wanita terbesar di dunia. Dia juga dikenal sebagai mantan ahli terkemuka di banyak komunitas online yang sukses untuk wanita. Dia menciptakan platform baru dan makmur, terutama bagi perempuan untuk mengubah cara mereka menggunakan internet. Saat ini, BlogHer memiliki lebih dari 100 juta pengunjung unik setiap bulan. Pada 2013, Majalah Fast Company mendaftarkannya sebagai salah satu orang paling kreatif dalam bisnis dan wanita paling berpengaruh di web 2.0 pada 2010.

8. Rashmi Sinha

Rashmi SinhaKredit foto: flickr
Rashmi Sinha adalah pebisnis wanita dan CEO Indo-Amerika dari SlidsShare , sebuah file populer, PDF, dan situs web berbagi slide. Ini dianggap sebagai salah satu alat e-learning terbaik dan memiliki lebih dari sembilan juta presentasi dengan perkiraan 60 juta pengunjung setiap bulan. Pada 3 Mei 2012, SlideShare diakuisisi oleh LinkedIn dengan harga $ 118 juta. Majalah Fast Company menamainya salah satu influencer wanita top di web 2.0 dan Playboy Magazine menamainya sebagai salah satu CEO terseksi teratas di Amerika.

7. Meg Hourihan

Meg HourihanSumber Gambar: Wikimedia
Meg Hourihan adalah salah satu pendiri Pyra Labs yang meluncurkan Blogger.com , platform blogging pribadi populer di seluruh dunia. Pada tahun 2003, Google mengakuisisi Pyra Labs termasuk perangkat lunak Blogger. Dia juga ikut mendirikan Kinja, agregator berita online gratis. Blogger sekarang merupakan sumber terbuka terbesar untuk blogging di dunia yang menginspirasi jutaan orang untuk blogging. Dia dinobatkan sebagai People of the Year pada tahun 2004 bersama dengan tim Blogger-nya.

6. Mena Trott

Mena TrottSumber Gambar: Creativeblog
Mena Trott dikenal sebagai salah satu pendiri Six Apart , mengembangkan perangkat lunak blogging. Perusahaannya meluncurkan Movable Type pada tahun 2001 yang merupakan perangkat lunak blogging dan terlihat mirip dengan WordPress. Kemudian pada tahun 2003, ia dan timnya meluncurkan layanan hosting blog, TypePad yang menyediakan alat yang mudah digunakan termasuk blogging seluler. Pada tahun 2004, PC Magazine menamainya  People of the Year  dan MIT Technology Review memasukkannya dalam 100 inovator teratas di dunia.

5. Susan Wojcicki

susan wojcickiSumber Gambar:  Adage
Susan Wojcicki adalah seorang pengusaha wanita Amerika dan saat ini menjabat sebagai CEO YouTube . Dia memulai karirnya sebagai karyawan Google nomor 16. Apakah Anda tahu bahwa Google didirikan di sebuah garasi dan tidak akan ada Google jika dia tidak menyewakan garasinya? Saat bekerja di Google, dia menghasilkan Adsense dan Adwords yang sekarang menjadi dua bidang utama penghasilan Google. Dia adalah orang di belakang yang memperoleh YouTube dan membuat Doodles di beranda Google. Dia dikenal dengan nama orang yang paling penting dalam periklanan dan dia juga terdaftar dalam Fortune 50 wanita paling kuat dalam empat tahun terakhir berturut-turut.

4. Caterina Fake

Caterina FakeSumber Gambar: Wikimedia
Caterina Fake adalah seorang pengusaha Amerika yang ikut mendirikan situs berbagi foto, Flickr dengan suaminya Stewart Butterfield. Dia memulai karirnya dengan Organic Online, sebuah agen pengembangan web yang populer. Pada hari-hari awal internet, semua orang biasa berbagi foto melalui email dan proses ini mengganggu ketika Anda memiliki foto dalam jumlah besar. Pada 2005, Flickr diakuisisi oleh Yahoo !. Dia memenangkan banyak penghargaan wirausaha wanita terbaik di dunia dan juga terdaftar dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.

3. Mitchell Baker

Mitchell BakerSumber Gambar:  Berkabel
Mitchell Baker adalah ketua eksekutif Mozilla Corporation yang mengembangkan aplikasi internet seperti browser web Mozilla Firefox . Dia memberi pilihan kepada seluruh dunia untuk menjelajahi web selain dari Internet Explorer. Dia memulai karirnya dengan Netscape Communication Corporation pada tahun 1994 dan mendirikan Open Source Application Foundation pada tahun 2002. Kontribusinya juga menginspirasi platform open source lainnya seperti HTML5 dan Android. Pada 2012, ia dianugerahi  Internet Hall of Fame  oleh Masyarakat Internet.

2. Elizabeth Feinler

Elizabeth FeinlerSumber Gambar:  Berkabel
Elizabeth Jake Feinler adalah seorang ilmuwan Amerika di bidang ilmu komputer. Dia adalah direktur Pusat Sistem Informasi Jaringan di Stanford Research Institute dan di seluruh dunia dianggap sebagai pelopor internet . Dia adalah kontributor utama di balik ARPANET, jaringan yang menghubungkan berbagai pusat di seluruh dunia yang dianggap sebagai pendahulu internet. Ketika internet berkembang, NIC menghasilkan Domain Name System (DNS) yang mengelola setiap jenis URL dan menerjemahkannya ke alamat IP. Semua kontribusinya masih digunakan hari ini dan merevolusi dunia internet. Pada 2012, ia dianugerahi  Internet Hall of Fame  oleh Masyarakat Internet.

1. Radia Perlman

Radia Perlman - Wanita Yang Merevolusi InternetSumber Gambar: Wikimedia

Radia Perlman adalah insinyur jaringan dan populer di seluruh dunia sebagai pencipta protokol spanning tree (STP). Dia juga dikenal sebagai ibu dari internet dan daftar ini tidak akan pernah lengkap tanpa dia. Dia lulus dari MIT dan juga memiliki gelar PhD dalam ilmu komputer.
Dia mengubah protokol Ethernet ke level baru yang menangani sejumlah besar node untuk mentransfer informasi dari jarak jauh. Dia juga menemukan TRILL , sebuah protokol link-state yang digunakan untuk memperbaiki kekurangan spanning tree. 
Dia memegang lebih dari 100 paten dan juga menulis buku tentang jaringan dan keamanan.
Itulah 11 Wanita Yang Merevolusi Dunia Internet, semoga bermanfaat.  Bila ada yang ingin kamu tanyakan ataupun saran silahkan kirim komentar atau via email.

0 Response to "11 Wanita Yang Merevolusi Dunia Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel