10 Teknologi Eksplorasi Ruang Angkasa Canggih

Pada 12 April 1961, Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang pergi ke luar angkasa dan menyelesaikan orbit bumi. Delapan tahun kemudian pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong menjadi orang pertama yang berjalan di bulan.

Pada saat dimulainya penelitian ruang angkasa banyak kecelakaan terjadi karena teknologi yang rapuh. 
Sejak penerbangan pertama ke ruang angkasa, banyak kemajuan telah dibuat di bidang eksplorasi ruang angkasa.Saat ini, sebagian besar teknologi seperti GPS, prakiraan cuaca dan komunikasi satelit sangat tergantung pada ruang. Dan para ilmuwan selalu berusaha membuat teknologi yang kuat dan tahan lama. 
Daftar berikut menampilkan teknologi  eksplorasi ruang angkasa canggih  yang saat ini digunakan oleh lembaga eksplorasi ruang angkasa.

10. Satelit Pengamatan Bumi

Satelit Pengamatan BumiKredit foto: Wikimedia
Satelit pengamatan bumi adalah satelit mata-mata yang digunakan dalam pemantauan lingkungan, pembuatan peta dan banyak hal lainnya. Mereka terletak di orbit geostasioner yang berjarak 36.000 km di atas tanah bumi. Tetapi beberapa satelit dioperasikan di bawah 1.000 km. PROBA-1, 2 dan SMOS dari European Space Agency terletak 700 km di atas permukaan bumi.
Teknologi ini adalah persyaratan utama dalam menjelajahi ruang. 
Mereka juga membantu memantau gunung berapi dan membuka api di seluruh dunia.

9. Centrifuge

CentrifugeKredit foto: Wikimedia
Centrifuge adalah peralatan teknologi yang memutar objek di sekitar sumbu tetap dan menerapkan gaya tegak lurus terhadapnya. Peralatan ini diterapkan di banyak bidang termasuk aeronautika dan astronotika. Mereka menggunakannya untuk menguji toleransi dan kesabaran para astronot dan pilot sebelum mengirim mereka ke luar angkasa.
Centrifuge manusia pertama yang dirancang untuk pelatihan aeronautika diciptakan di Jerman pada tahun 1933. Seluruh pusat penelitian ruang angkasa memilih pilot mereka dengan melakukan percobaan ini.

8. Perisai Panas Ablatif

Perisai Panas AblatifKredit foto: Wikimedia
Ketika benda yang tidak diinginkan seperti meteorit masuk ke atmosfer bumi, benda itu menjadi panas karena gesekan dan terbakar. Lalu mengapa itu tidak terjadi dalam kasus angkutan ulang-alik.
Perisai panas ablatif melindungi pesawat ulang-alik dengan membuat lapisan batas yang lebih dingin. 
Ini juga memblokir fluks panas radioaktif dengan menggunakan karbon dalam material. Perisai ini juga digunakan pada mobil untuk melindungi komponen dari kerusakan akibat panas. Teknologi ini sangat penting untuk melindungi mereka dari masuknya atmosfer.

7. Gantry

GantryKredit foto: Wikimedia
Gantry atau menara listrik atau menara peluncuran adalah struktur bersama dengan landasan peluncuran roket. Struktur ini menyediakan platform untuk memeriksa semua hal yang diperlukan sebelum diluncurkan. Ini digunakan untuk bahan bakar dan memuat bagasi dan kargo ke pesawat ruang angkasa.
Ada banyak landasan peluncuran pesawat ruang angkasa di seluruh dunia. 
Beberapa bantalan peluncuran bersifat mobile dan tidak ada banyak ruang dan beberapa terdiri dari ruang putih yang digunakan oleh para astronot untuk mengakses pesawat ruang angkasa.

6. Lunar Rover

Lunar RoverKredit foto: Wikimedia
Penjelajah bulan adalah kendaraan eksplorasi ruang angkasa yang dirancang secara umum untuk bergerak melintasi permukaan bulan. Beberapa rover sepenuhnya otonom sementara yang lain digunakan untuk mengangkut anggota awak pesawat luar angkasa manusia.
Hingga 2013, hanya tiga negara yang memiliki penemu di bulan, Uni Soviet, Amerika Serikat dan Cina. 
Lunokhod 1 adalah penjelajah bulan tak berawak pertama yang dirancang oleh Uni Soviet. Pada 2015, banyak negara berencana meluncurkan penemu mereka ke bulan.

5. Booster

PendorongKredit foto: Wikimedia
Booster adalah mesin yang merupakan tahap pertama dari kendaraan peluncuran multi-tahap. Ini digunakan untuk memberikan daya dorong yang cukup selama lepas landas dari pesawat ulang-alik.
Ketika bahan bakarnya kosong, ia jatuh kembali ke bumi dan sisa kendaraan berlanjut dengan mesin tahap berikutnya dan istilah ini dikenal sebagai mesin booster cut off (BECO). 
NASA menggunakan booster pertama dalam pesawat ulang-alik mereka dan mereka pulih dan dapat digunakan beberapa kali.

4. Aerobot

AerobotKredit foto: Wikimedia
Aerobot adalah wahana antariksa tanpa awak. Telah digunakan selama bertahun-tahun terakhir untuk menjelajahi bulan dan tata surya lainnya. Mereka mahal dan memiliki beberapa keterbatasan seperti jangkauan komunikasi terbatas karena jarak antarplanet.
Sebagian besar konsep aerobot didasarkan pada balon udara. 
Misi balon pertama dilakukan Lembaga Penelitian Luar Angkasa Uni Soviet pada tahun 1985. Ada banyak percobaan yang terjadi pada teknologi ini untuk misi aerobot ke Mars, Venus dan Saturnus.

3. Satelit Komunikasi

Satelit KomunikasiKredit foto: Wikimedia
Satelit komunikasi atau yang biasa dikenal dengan Comsat adalah satelit buatan yang digunakan untuk keperluan komunikasi di seluruh dunia. Mereka ditempatkan di semua orbit termasuk orbit geostasioner, orbit tanah rendah (LEO), orbit bumi sedang (MEO) dan orbit elips.
Satelit ini memiliki aplikasi seperti komunikasi ke kapal dan kendaraan dan siaran radio. 
Satelit di LEO berada pada 200 km di atas tanah dan satelit geostasioner digunakan untuk komunikasi antara antar-jemput ruang angkasa dan stasiun pangkalan di bumi.

2. Sistem Peluncuran Pesawat Ulang-alik

• Sistem peluncuran pesawat ulang-alikKredit foto: Wikimedia
Sistem peluncuran pesawat ulang-alik adalah landasan peluncuran untuk wahana antariksa, yang dirancang oleh NASA. Ada banyak kendaraan sistem peluncuran ruang angkasa dan semuanya dikategorikan berdasarkan kapasitasnya untuk mengangkat beban ke orbit luar.
Semua kendaraan sistem peluncuran dilengkapi dengan versi booster yang berbeda sesuai dengan kapasitas perjalanan jarak jauh mereka ke ruang angkasa. 
Sistem ini akan ditingkatkan secara berkala untuk mengembangkan versi yang lebih kuat.

1. Mars Rover

Mars Rover - Teknologi Eksplorasi Luar AngkasaKredit foto: Wikimedia
Mars rover adalah kendaraan otomatis yang berkeliaran di permukaan planet Mars. Mereka memiliki banyak keunggulan dibandingkan kendaraan tua termasuk teknologi yang lebih maju, mereka memeriksa tanah lain dengan lebih baik dan memiliki banyak fitur lainnya.
NASA sedang mencari bukti kehidupan di Mars menggunakan Mars Curiosity Rover terbaru mereka. 
Keempat misi program eksplorasi NASA untuk Mars adalah
  • Tentukan apakah ada kehidupan di Mars atau tidak
  • Tentukan iklim Mars
  • Tentukan geologi Mars
Itulah 10 Teknologi Eksplorasi Ruang Angkasa Canggih, semoga bermanfaat.  Bila ada yang perlu kamu tanyakan silahkan kirim komentar atau via email.


0 Response to "10 Teknologi Eksplorasi Ruang Angkasa Canggih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel