Pengenalan Teknik-Teknik Dasar Penerapan SEO

Hampir setiap orang sering menggunakan pencarian melalui google, tentunya kamu juga akan sangat terbantu jika hasil pencarian yang ditampilkan sesuai dengan apa yang kamu cari dan butuhkan.
Tentu pernah terlintas dalam benak kamu yang memliki blog atau website, bagaimana caranya blog atau website kamu yang ditampilkan pada halaman pertama pencarian Google?
Menghasilkan blog atau website kamu menjadi berada dihalaman pertama pencarian Google itu bukanlah hal yang mustahil. Yang perlu kamu lakukan yaitu mempelajari teknik untuk bisa menjadikan hal tersebut menjadi kenyataan. Dibawah ini ringkasan artikel pengenalan dasar tentang SEO yang perlu kamu tau.

Apa itu SEO?  
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yaitu suatu proses yang dilakukan untuk menjadikan website kamu berada pada halaman pertama dari hasil pencarian melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya.

Fungsi SEO untuk Website Kamu
SEO akan berguna untuk meningkatkan trafik pengunjung ke website kamu. Karena pada umumnya pengunjung akan mencari suatu topik yang diinginkan melalui mesin pencari, entah itu artikel, produk, video dan lainnya.
Bagi kamu seorang pebisnis online tentunya akan senang jika pengunjung blog atau website kamu ramai dikunjungi karena kemungkinan produk kamu terjual semakin tinggi. Begitu juga kamu yang memiliki blog atau website yang berisi artikel pasti akan senang jika artikel yang kamu tuliskan banyak yang baca.

Lalu, Bagaimana Cara Menerapkan 
Untuk menjadikan website kamu berada di halaman pertama dari hasil pencarian Google, ada 2 teknik SEO yang harus kamu lakukan yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page
SEO On-Page adalah optimasi yang dilakukan didalam website kamu sendiri. Mulai link, gambar, struktur navigasi, meta tag, hingga konten yang ada didalam website kamu sendiri. Sedangkan SEO Off-Page adalah optimasi yang dilakukan diluar website seperti, link eksternal yang mengarahkan ke website kamu salah satunya yaitu melalui mesin pencari dan melalui website orang lain yang sudah populer dengan numpang beken

SEO Seo On-Page

1. Title
Yaitu judul dari halaman website kamu. Title biasanya ditulis <title> dan </title> yang terletak didalam tag <head>. Buatlah title atau tema yang unik, akurat, dan relevan dengan konten kamu. Usahakan title atau tema website kamu juga mengandung dengan kata kunci atau keywords.
Contoh :
Haitekno - Blog Informasi dan Teknologi Terupdate
2. Konten
Yaitu isi dari website kamu, seperti tulisan ataupun video. Buatlah konten yang bagus, menarik, unik dan banyak dicari, serta tidak copy paste. Setiap kamu membuat konten usahakan selalu mengandung kata kunci yang dapat berpotensi diketikkan di mesin pencari oleh pengunjung. 
Salah satu artikel yang banyak dicari orang yaitu yang membahas cara, solusi, tips trik. Tips sederhananya lihatlah sudut pandang pengunjung, kalau kamu ke google apakah yang ingin kamu cari, itulah yang perlu kamu tulis

3. Heading Tag
Gunakan heading tag di dalam website kamu. Dimulai dari <h1><h2> dan </h3>. Ketika menuliskan heading tag, usahakan mengandung dengan kata kunci. Pastikan didalam struktur website kamu hanya terdapat satu heading <h1>, kemudian diikuti dengan heading <h2> dan seterusnya.

4. Internal Link
Jika satu konten kamu masih memiliki hubungan dengan konten lainnya, jangan lupa untuk menautkan link ke konten tersebut. Pastikan link yang kamu tautkan memiliki kata kunci yang relevan dengan konten tersebut.

5. Title Link
Ketika kamu membuat sebuah tautan link, tambahkan elemen title pada link tersebut. Tuliskan kata kunci yang relevan dengan konten lainnya pada elemen title.
Contoh :

6. Image
Ketika menuliskan sebuah konten, tambahkanlah gambar yang relevan dengan konten kamu. Google lebih suka dengan konten yang memiliki gambar yang relevan dengan konten kamu.

7. Loading Website
Kamu tentunya lebih senang ketika mengunjungi sebuah website yang loadingnya cepat bukan ? Nah, begitu juga dengan pengunjung lainnya. Untuk itu, jangan beratkan website kamu dengan beragam widget yang terlalu banyak, karena Google juga lebih suka dengan website yang loadingnya cepat.

SEO Off-Page
1. Search Engine
Daftarkan website atau blog kamu ke search engine populer seperti Google, Yahoo, dan Bing.

2. Backlink
Backlink adalah link website kamu yang terletak pada website orang lain. Search engine seperti Google tentu sangat menyukai website yang memiliki backlink yang berkualitas. Karena website tersebut dianggap sudah memiliki popularitas yang tinggi.

3. Web Direktori
Web direktori akan membantu meningkatkan popularitas website kamu sekaligus mendapatkan backlink. Diantara direktori web adalah Dmoz, blog-indonesia.com,  Technorati, dan lainnya.

4. Social Networking dan Bookmark
Manfaatkan juga media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan juga Youtube untuk meningkatkan popularitas website kamu. Usahakan setiap tulisan, selalu kamu masukkan ke social networking dan bookmark.

5. Blog Walking
Yaitu cara manual untuk mendapatkan sebuah link, dengan cara mengunjungi website orang lain kemudian kamu memberikan komentar diwebsite tersebut. Ketika memberi komentar, biasanya kamu diminta untuk mengisi alamat website ataupun blog. Isilah dengan alamat website atau blog kamu.

Kesimpulan
Artikel diatas merupakan teknik-teknik dasar untuk menerapkan SEO di website dan blog. Disamping teknik diatas, masih banyak teknik lainnya yang harus kamu pelajari. Diantaranya, menjaga struktur website yang baik, terorganisir, dan juga memiliki konten yang bagus.

0 Response to "Pengenalan Teknik-Teknik Dasar Penerapan SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel