Kuota Masih Ada Tetapi Tidak Bisa Internetan dan Cara Mengatasinya

Kebutuhan internet di jaman sekarang ini memang cukup tinggi, bahkan setiap orang ingin selalu gadgetnya online selama 24 jam. Beberapa menit saja koneksi kamu tidak bisa digunakan, ngeluhnya bisa kemana-mana.

Hal tersebut bisa kita pahami dengan kebutuhan informasi jaman sekarang yang semuanya butuh koneksi internet, mulai dari chatting, nonton film, browsing, denger musik, download file, dll.
Sayangnya pengguna seringkali mengeluh karena internetnya tidak bisa digunakan, padahal kuotanya masih ada tetapi tidak bisa internetan. Untuk mengatasi hal ini, terlebih dahulu kamu harus tahu kemungkinan yang bisa menyebabkan internet kamu tidak bisa dipakai. Misalnya:

1. Masa Aktif Kartu
Perlu dingat, masa aktif kartu itu berbeda dengan masa aktif kuotamu. Jika masa aktif kuota kamu masih lama aktifnya (misal 1 bulan) tetapi masa aktif kartu kamu habis (dalam masa tenggang), maka kuota yang kamu miliki akan menjadi sia-sia. Kalau kamu males ngisi pulsa, ada beberapa operator menyediakan beli masa aktif dengan pulsa. Jadi, selalu pastikan masa aktif kartu kamu tidak dalam masa tenggang ya.

2. Gangguan Jaringan
Tidak menutup kemungkinan juga provider sedang mengalami gangguan jaringan, entah sengaja (maintenance) ataupun tidak. Maintenance atau perbaikan yang dilakukan oleh provider bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanannya menjadi lebih baik. Jadi, kamu jangan asal ngeluh ok.

3. Kuota Habis
Saking terlalu asik internetan juga kadang bisa membuat kamu lupa mengecek paket internetnya/ kuotanya. Tanpa disadari ternyata penggunaan internet kamu sudah melebihi batas (kuota habis). Solusinya yaitu aktifkan monitor data yang ada di hp kamu, bila tidak ada kamu bisa download aplikasi monitor data di playstore.

4. IMEI Hilang
IMEI merupakan identitas dari sebuah smartphone layaknya ktp, jika IMEI hilang otomatis kartu kamu tidak akan terbaca. Kasus ini sering terjadi pada hp yang sering di root ataupun ganti custom ROM.

Cara Mengatasi Internet Tidak Konek
Jika mengalami masalah internet tidak konek, kamu tidak perlu panik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi agar masalah internet kamu tidak konek. Berikut beberapa solusinya:

1. Gunakan Airplane Mode
Airplane mode atau juga disebut mode pesawat sampai sekarang masih efektif untuk merefresh jaringan internet kamu.  Caranya ktifkan mode pesawat selama 5 - 10 detik, kemudian matikan kembali mode pesawatnya. Cara ini akan memperbarui jaringan internet kamu dengan yang baru.

2. Setting APN
APN (Access Point Name) seringkali kita lupakan, terutama mereka yang malas otak-atik. Jika kamu suka mengganti kartu baru untuk paketan internet, selalu cek APN yang kamu gunakan. Di beberapa kasus, APN kosong sering menjadi masalah internet tidak bisa dipakai. Solusi kalau kamu tidak mengetahui nama APNnya, silahkan ke menu pengaturan APN lalu disetting ke default agar dapat mencari APN bawaan provider secara otomatis.

3. Restart Smartphone
Jika berbagai cara sudah kamu lakukan tetap tidak bisa konek internet juga, ada baiknya kamu restart terlebih dahulu smartphone kamu. Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan, biasanya setelah restart hp kamu akan normal kembali. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Masih tidak konek internet juga? Silahkan beri komentar dan jelaskan detilnya, nanti akan kami bantu dan beri solusi atas permasalahan kamu.

0 Response to "Kuota Masih Ada Tetapi Tidak Bisa Internetan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel