7 Cara Menghemat Baterai HP Android Semua Merk

Baterai pada sebuah HP memang menjadi komponen yang sangat penting. Smartphone telah menjadi kebutuhan pokok manusia pada masa kini. Pengguna smartphone Android mendominasi angka pengguna smartphone terbanyak di dunia.
Salah satu kendala yang banyak dialami oleh pengguna Android yaitu baterai smartphone yang cepat habis.
Agar kamu semakin puas menggunakan smartphone Android milikmu saat beraktivitas, HaiTekno punya cara agar baterai Android kamu jadi lebih hemat.

Cara Menghemat Baterai HP Android Semua Merek
Baterai smartphone udah memiliki kapasitas besar, tetapi kenapa baterai smartphone cepat habis juga ya? Mungkin kamu juga mengalami hal itu. Maka dari itu agar baterai Android kamu lebih hemat, coba lakukan cara berikut:

1. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan
Banyaknya aplikasi yang digunakan menjadi salah satu penyebab baterai smartphone menjadi boros. Untuk hemat baterai Android ada baiknya kamu selalu perhatikan aplikasi berjalan pada background.
Jika kamu merasa baterai Android kamu cepat sekali habis, coba cek di penggunaan baterai kamu dengan masuk menu Settings > Battery > Battery Usage.
Lihat aplikasi apa saja yang mengkonsumsi baterai paling banyak, dan silakan uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

2. Hati-hati Saat Install Aplikasi
Selalu hati-hati dan perhatikan dengan aplikasi yang akan kamu install. Baca baik-baik akses apa saja yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi di smartphone kamu.
Misalnya  beberapa aplikasi yang memerlukan akses lokasi akan membuat baterai smartphone cepat habis karena terus-terusan melakukan ping lokasi Android kamu.
Jadi, ada baiknya kurangi dalam meng-install aplikasi yang membutuhkan akses lokasi kamu.

3. Disable Aplikasi Bawaan
Salah satu yang tidak kita sukai dari vendor smartphone Android yaitu vendor sering menyematkan banyak bloatware pada smartphone besutannya. Kecuali yang menggunakan stock Google, seperti Xiaomi Mi A1, atau Google Pixel.
Untuk lebih menghemat baterai Android kamu,  cobalah disable bloatware dengan cara masuk Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Disable.
Jika smartphone Android kamu sudah root, bisa juga menghapus bloatware-nya.

4. Power Saving Mode
Jika smartphone kamu sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, kamu bisa menghemat baterai Android dengan masuk ke menu fitur Power Saving Mode.
Pada mode ini, semua fungsi smartphone yang mengkonsumsi baterai kamu akan dibatasi, seperti kecerahan layar, koneksi mobile, Wifi, hingga lokasi.
Cara masuk ke Power Saving Mode yaitu dengan masuk Settings > Battery > Battery Saver pada pengaturan smartphone kamu.

5. Go Grayscale!
Jika kamu hobi membaca, kamu bisa menghemat baterai smartphone Android dengan cara masuk ke menu tampilan Grayscale atau Dark Mode.
Dengan fitur ini akan membuat tampilan layar Android kamu jadi tampak abu-abu, kuning, ataupun gelap, sehingga dapat mengurangi konsumsi baterai.

6. Jangan Gunakan Live Wallpaper
Cara menghemat baterai Android selanjutnya yaitu dengan menghindari penggunaan Live Wallpaper.
Meski memang dapat membuat tampilan smartphone kamu lebih hidup dan juga menarik, tetapi akan berimbas besar pada daya tahan baterai Android kamu.

7. Ganti Launcher
Kalau kamu bosan dengan tampilan smartphone Android kamu yang begitu-gitu aja, coba deh install aplikasi launcher terbaik di smartphone kamu. Pilihlah launcher Android yang ringan, dan disarankan jangan menggunakan launcher dengan animasi 3D agar tidak menguras baterai hp Android kamu. Penggunaan launcher yang ringan akan lebih membantu menghemat baterai lho!

Akhir Kata
Itulah 7 Cara Menghemat Baterai HP Android versi HaiTekno. Selamat mencoba!

0 Response to "7 Cara Menghemat Baterai HP Android Semua Merk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel