12 Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Daripada Windows 10


Windows 10 adalah sistem operasi yang cukup banyak digunakan saat ini, banyak dari kita akan membeli komputer/laptop dengan penawaran terbaru dari Microsoft yang sudah diinstal sebelumnya.
Kita harus mengakui bahwa Windows 10 itu cukup keren, perbaikan besar pada sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 8 dan Windows 8.1.


Kemampuan menjalankan perintah BASH Linux ke dalam Windows 10 adalah fitur yang keren seperti ruang kerja virtual yang lama ditunggu-tunggu yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi di berbagai desktop.

Panduan ini menyediakan daftar panjang alasan mengapa Anda mungkin memilih untuk menggunakan Linux bukan Windows 10, karena apa yang baik untuk satu orang belum tentu baik untuk orang lain.


  1. Windows 10 Cukup Berat dijalankan pada Perangkat Keras Lama
    Jika Anda menggunakan Windows XP, Vista, atau PC Windows 7 yang lebih lama maka kemungkinan komputer Anda tidak akan cukup kuat untuk menjalankan Windows 8 atau Windows 10.
    Anda memiliki dua pilihan sebenarnya. Mempertaruhkan uang yang dibutuhkan untuk membeli komputer yang dapat menjalankan Windows 10 atau Anda dapat memilih untuk menjalankan Linux, karena Linux lebih ringan daripada Windows.

    Distribusi Linux tertentu mungkin tidak memberikan banyak peningkatan kinerja karena lingkungan desktop mereka menggunakan jumlah memori yang layak sendiri tetapi ada versi Linux yang tersedia yang bekerja dengan cemerlang pada perangkat keras yang lebih lama.

  2. Anda Tidak Menyukai Tampilan Windows 10
    Kebanyakan orang menjadi sedikit bingung ketika mereka pertama kali mulai menggunakan sistem operasi baru terutama jika antarmuka pengguna telah berubah dengan cara apa pun.
    Linux memberikan tampilan dan nuansa modern tetapi dengan menu dan bilah alat bekerja seperti biasanya dan Anda akan menemukan bahwa kurva belajar ke Linux tidak lebih sulit daripada meng-upgrade dari Windows 7 ke Windows 10.

  3. Ukuran File ISO Windows 10 Cukup Besar
    Jika Anda menggunakan Windows 7 atau bahkan Windows 8 dan Anda berpikir untuk meningkatkan ke Windows 10, maka Anda harus menyadari bahwa file ISO untuk Windows 10 sangat besar.
    Apakah Anda memiliki batas unduhan dengan penyedia Broadband Anda? Sebagian besar distribusi Linux dapat diunduh dalam kurang dari 2 gigabyte dan jika Anda sangat bergantung pada bandwidth, beberapa dapat diinstal untuk sekitar 600 megabyte. Ada beberapa yang bahkan lebih kecil dari itu.

  4. Linux itu Gratis/OpenSource
    Banyak pabrikan yang menyediakan komputer dengan Windows 10 tetapi jika Anda senang dengan komputer Anda saat ini maka satu-satunya cara untuk mendapatkan sistem operasi baru adalah membayar untuk versi terbaru Windows atau mengunduh dan menginstal Linux secara gratis.

  5. Linux Memiliki Banyak Lagi Aplikasi Gratis
    Linux memiliki serangkaian aplikasi hebat yang bagi sebagian besar orang menyediakan semua fitur yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, suite LibreOffice sangat bagus untuk 99,9% dari kebutuhan rata-rata orang.
    Pemutar audio Rhythmbox lebih baik dari apa pun yang ditawarkan Windows, VLC adalah pemutar video yang hebat, browser Chrome tersedia, Evolution adalah klien email yang hebat dan GIMP adalah editor gambar yang brilian.
    Tentu saja, ada aplikasi gratis di situs unduhan Windows populer seperti CNET tetapi hal buruk dapat terjadi ketika Anda menggunakan situs tersebut.

  6. Keamanan
    Meskipun tidak ada sistem operasi yang dapat mengklaim sepenuhnya bebas risiko, faktanya tetap bahwa Windows adalah target besar bagi pengembang virus dan malware.

    Ada sangat sedikit yang dapat dilakukan Microsoft tentang masalah ini dan karena itu Anda perlu menginstal aplikasi antivirus dan perangkat lunak firewall yang memakan memori dan penggunaan CPU Anda serta aliran unduhan konstan yang diperlukan untuk menjaga agar perangkat lunak ini tetap mutakhir.

    Di Linux, Anda hanya perlu pintar dan menempel pada repositori dan menghindari menggunakan Adobe Flash.
    Linux pada dasarnya hanya lebih aman daripada Windows.

  7. Kinerja
    Linux bahkan dengan semua efek dan fitur mengkilap dari lingkungan desktop modern berjalan lebih cepat daripada Windows 8.1 dan Windows 10.

  8. Privasi
    Kebijakan privasi Windows 10 telah didokumentasikan dengan baik di media. Yang benar adalah bahwa itu tidak seburuk yang dipercayai oleh beberapa orang dan Microsoft tidak melakukan apa pun yang Facebook lakukan, Google, Amazon, dan yang lain belum lakukan selama bertahun-tahun.
    Misalnya, sistem kontrol suara Cortana belajar tentang cara Anda berbicara dan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu dengan mengirimkan data penggunaan ke Microsoft. Mereka kemudian dapat menggunakan data ini untuk memperbaiki cara kerja Cortana.
    Cortana tentu saja, mengirimi Anda iklan yang ditargetkan tetapi Google sudah melakukan ini dan itu adalah bagian dari kehidupan modern.
    Layak membaca kebijakan privasi untuk klarifikasi tetapi tidak sangat mengkhawatirkan.
    Setelah mengatakan semua distribusi Linux ini tidak mengumpulkan data Anda sama sekali. 

  9. Keandalan
    Windows tidak dapat diandalkan seperti Linux. Berapa kali Anda, sebagai pengguna Windows, memiliki program yang mengalami not responding dan bahkan ketika Anda mencoba dan menutupnya melalui task manager (dengan asumsi Anda bisa membuatnya terbuka), itu tetap terbuka dan dibutuhkan sejumlah upaya untuk menutup program tersebut.
    Di dalam Linux, setiap aplikasi itu mandiri dan Anda dapat dengan mudah menghentikan aplikasi apa pun dengan perintah XKill.

  10. Pembaruan
    Saat Anda menyalakan komputer tiba-tiba Anda dan melihat pesan berikut:
    "Memasang Pembaruan 1 dari 356"
    Bahkan yang lebih menyebalkan adalah kenyataan bahwa Windows memilih ketika ingin menginstal pembaruan dan tiba-tiba akan muncul pesan yang mengatakan bahwa komputer Anda akan di-boot ulang.
    Kelemahan lainnya adalah Windows sering perlu di-reboot untuk menginstal pembaruan.
    Sistem operasi Linux perlu diperbarui. Tidak ada jalan untuk itu karena lubang keamanan ditambal sepanjang waktu. Anda harus memilih kapan pembaruan tersebut diterapkan dan dalam banyak kasus, pembaruan dapat diterapkan tanpa me-reboot sistem operasi.


  11. Variasi
    Distribusi Linux sangat mudah dikustomisasi. Anda benar-benar dapat mengubah tampilan dan nuansa dan menyesuaikan hampir setiap bagian sehingga berfungsi seperti yang Anda inginkan.
    Windows memiliki set tweak terbatas tetapi Linux memungkinkan Anda mengubah segalanya secara mutlak.

  12. Mendukung
    Microsoft memiliki banyak dokumentasi tetapi ketika Anda terjebak Anda sering menemukan diri Anda di forum mereka dan orang lain akan mengajukan pertanyaan yang tidak memiliki jawaban yang bagus.
    Bukannya dukungan Microsoft itu buruk karena, sebaliknya, pada kenyataannya sangat mendalam dan bagus.

    Namun kebenarannya adalah mereka mempekerjakan orang untuk menawarkan dukungan dan hanya ada begitu banyak uang yang dianggarkan untuk dukungan ini dan kekayaan pengetahuan tersebar sangat tipis.

Dukungan Linux jauh lebih mudah ditemukan dan ada puluhan forum, ratusan ruang obrolan, dan bahkan lebih banyak situs web yang didedikasikan untuk membantu orang belajar dan memahami Linux.

Selamat mencoba dunia Linux :)


0 Response to "12 Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Daripada Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel