Pengertian dan Perbedaan UEFI, BIOS, GPT, dan MBR


Apa itu UEFI?
UEFI yaitu singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface. UEFI adalah sebuah firmware interface dengan standar baru untuk komputer atau laptop yang khusus didesain untuk menggantikan posisi BIOS.
UEFI pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan besar Intel yang awalnya dinamakan EFI. Nah, UEFI ini fungsinya menghubungkan antara firmware, hardware, dan juga sistem operasi dalam sebuah komputer.


Apa itu BIOS?

BIOS yaitu singkatan dari Basic Input/Output System. BIOS adalah suatu software yang mana ditulis dalam bahasa assembly berfungsi untuk mengatur fungsi-fungsi dasar dari hardware komputer atau laptop kamu, kemudian mengatur tahap awal proses start-up dan juga memastikan kalau sistem operasi komputer kamu memang sudah benar-benar berjalan dengan baik.

Apa itu GPT?
Tabel partisi ini menggunakan Global Unique Identifier atau disebut GUID. Nah, partisi sendiri ada dua macam, ada GPT dan MBR, karena MBR memiliki banyak keterbatasannya, maka dari itubanyak orang menggunakan partisi tipe GPT saat merakit atau menginstall ulang komputernya.

Apa itu MBR?
MBR yaitu singkatan dari Master Boot Record. MBR merupakan sebuah tipe dari boot sector saat hardisk komputer dipartisi dan merupakan informasi sektor pertama pada sebuah hard disk yang di identifikasi bagaimana dan dimana lokasi sebuah sistem operasi terinstall sehingga sistem operasi tersebut bisa diboot. Seperti yang disebutkan di atas, MBR saat ini sudah tidak banyak lagi digunakan.

Jadi, sekarang kamu sudah paham kan pengertian dan perbedaan dari UEFI, BIOS, GPT, dan MBR.
Kalau kamu masih belum paham, silahkan baca lagi keatas, biar ilmu teknologi kamu lebih luas :D

0 Response to "Pengertian dan Perbedaan UEFI, BIOS, GPT, dan MBR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel